Wow, Eksotiknya Air Terjun Tujuh Tingkat di Kuansing

1556
Air Terjun Batang Koban di Kuansing, Riau.

Riau, edisiana.com – Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau, ternyata memiliki potensi alam yang sangat luar biasa. Selain kaya akan emas, juga kaya tempat objek wisata alamnya.

Di antaranya air terjun tujuh tingkat Batang Koban di Desa Ambacang, Kecamatan Hulu Kuantan. Tempat wisata itu mempunyai daya pikat bagi wisatawan. Baik lokal maupun luar negeri, terutama Singapura dan Malaysia. Sebab, selain derasnya gelombang sungai dan perbukitan dengan pepohan asri menghijau di bantaran daerah aliran sungai Kuantan. Eksotik sekali.

Letaknya dari Kota Pekanbaru hanya berjarak 160 kilometer. Kalau pakai kendaraan bermotor memakan waktu sekitar empat jam-an menuju tempat tersebut. Dan jika ada tol nanti akan lebih dekat lagi.

BACA JUGA:  Target BPPRD Naik, Otomatis Objek Pajak Naik

Setelah tiba di Kota Taluk Kuantan perjalan dapat dilanjutkan menuju Desa Ambacang, Kecamatan Hulu Kuantan. Jarak tempuhnya 36 kilometer atau 45 menit berkendara sampai dermaga keberangkatan yang lokasinya berada

Sebelum sampai air terjun, kita harus melewati di tepian sungai Kuantan dengan memandangan pematang persawahan yang hijau disisipi perbukitan. Sangatlah asyik untuk menyejukkan mata.

Baru setelah itu dilanjutkan dengan transportasi sungai. Sampan kayu yang dapat mengangkut hingga 10 orang. Tarifnya relatif murah hanya Rp30 ribu per orang. Untuk sesampai di sana kira-kira makan waktu 30 menit.

BACA JUGA:  Tujuh Formasi CASN di Riau Tidak Ada Pelamar

Tiba di dermaga langsung disuguhi air terjun pertama, lokasinya tepat berada di samping anak tangga. Lalu menuju air terjun ke dua hingga air terjun ke tujuh. Untuk mencapai lokasi itu, para pelancong mesti melintasi rindangnya pohon-pohon besar serta anak sungai yang airnya masih jernih mengalir di atas bebatuan.

Setibanya di lokasi air terjun ke tujuh panorama semburan air yang menjulang 30 meter ke atas bukit menjadi pelepas lelah setelah mendaki menelusuri hutan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kuansing, Indra Suandy mengatakan, guna meningkatkan aksesibilitas objek wisata air terjun Batang Koban, Pemerintah Pusat akan mengucurkan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik sebesar Rp3,4 miliar untuk pembangunan pariwisata di Kabupaten Kuansing.

BACA JUGA:  Gubernur Diminta Gencarkan Lagi Protokol Kesehatan

“Ada dua lokasi yang akan dibangun menggunakan DAK Fisik Tahun 2020 yang dianggarkan Pemerintah Pusat,” katanya seperti dikutip Kuansing.go.id.

Menurut Indra, anggaran itu pertama untuk pembangunan dermaga keberangkatan menuju objek wisata air terjun Tujuh Tingkat Batang Koban di Kecamatan Hulu Kuantan.

“Kemudian nanti juga untuk pembangunan sarana dan prasarana penunjang di objek wisata Danau Koto Kari, Kecamatan Kuantan Tengah,” tambah Indra.(maq)

BAGIKAN