Capellas Calon Pengganti Sementara Koeman

720
Pelatih Barcelona, Ronald Koeman. Foto : Getty Images

Bola, edisiana.com Sejumlah anggota dewan penasihat meminta Presiden Barcelona Laporta untuk memecat Koeman, setelah kekalahan 0-3 atas Benfica di Lisbon, Portugal pada Kamis, 30 September 2021.

Menurut sumber ESPN, kekalahan Barcelona sudah tidak bisa ditolerir lagi. Sebab baru saja kalah dengan Bayern Munchen pada laga pembuka Champions, sekarang kalah lagi dengan Benfica yang skor mencolok 3-0.

Bukan hanya itu awal musim ini Mephis Depay dkk tampil mengecewakan. Barca baru-baru ini bermain imbang melawan Cadiz dan Granada di LaLiga.

Sebenarnya sejak bermain seri dengan tim promosi cadiz, Laporta sudah mencari alternatif mencari pengganti Koeman.

Nama-nama pun muncul sebagai kandidat. Seperti Roberto Martinez yang masih menjadi manajer Timnas Belgia. Lalu Xavi Hernadez, mantan pemain Barack sendiri.

BACA JUGA:  Trossard Selamatkan Arsenal dari Kekalahan

Namun sekarang datang usulan baru untuk memasukkan Andrea Pirlo, dan Marcelo Gallardo sebagai pengganti Ronald Koeman.

Selain itu presiden Barca Joan Laporta dapat juga memilih Albert Capellas, yang bekerja di akademi muda Barca, sebagai solusi mendesak.

Wakil presiden Barca Eduard Romeu mengatakan bahwa uang tidak akan menjadi masalah bagi klub untuk memecat Koeman.

Cuma yang jadi persoalan bagaimana melakukan pemecatan pelatih tanpa melanggar aturan LaLiga tentang batas gaji. LaLiga mengumumkan pada hari Rabu bahwa batas pengeluaran Barca untuk musim 2021-22 adalah €97,9 juta.

BACA JUGA:  Vinicius dan Richarlison Berkelahi

Dan klub hanya akan dapat menghabiskan 25 persen dari apa yang mereka hemat untuk gaji atau biaya transfer untuk mendaftarkan pemain baru atau melakukan perekrutan.

Namun demikian, berbagai sumber mengatakan pembatasan tersebut tidak akan mempengaruhi perekrutan pelatih baru karena pemecatan Koeman tidak akan dihitung sebagai penghematan , melainkan hanya sebagai biaya saja.

Lantaran merupakan pemutusan hubungan kerja. Dengan demikian, Barcelona dapat meningkatkan batas gajinya sebesar 4 persen untuk menandatangani pelatih baru berdasarkan Pasal 74 peraturan kontrol ekonomi.

Capellas adalah pelatih U-21 Denmark dan mendapat dukungan dari penasihat olahraga Barca Jordi Cruyff, yang pernah menjadi asistennya di klub Liga Super China Chongqing Lifan pada 2018.

BACA JUGA:  Malam Ini, Lima Partai Laga di Boxing Day Premier League

Sedang Pirlo, Gallardo, Xavi dan Martinez memiliki pengalaman yang cukup bagus. Sementara Capellas akan dipertimbangkan jika Laporta memutuskan untuk mengganti Koeman dengan status pelatih sementara hingga akhir musim.

Selain nama di atas ada juga nama Ralf Rangnick sudah ada di meja Laporta. Pelatih ini sudah dipantau Laporta sejak awal musim ini.

Seperti diketahui Koeman direkrut oleh pendahulu Laporta, Josep Maria Bartomeu, pada Agustus 2020. Sebelum genap setahun di Barcelona, Laporta berniat mengganti Koeman.

Namun, karena kurangnya alternatif serta tingginya biaya pemecatan Koeman, Laporta mempertahankan pemain Belanda itu.(maq)

BAGIKAN