Jumlah Penumpang Ferry di Batam Naik Tujuh Persen

66
Salah satu terminal Ferry di Batam. Foto: Humas

SEPANJANG TRIWULAN PERTAMA 2024

edisiana.com – Direktur Badan Usaha Pelabuhan BP Batam, Dendi Gustinandar mengatakan, penumpang di Terminal Ferry Domestik dan Terminal Ferry Internasional dalam wilayah kerjanya mengalami peningkatan sebesar 7 persen sepanjang triwulan pertama 2024. Yakni lebih dua juta penumpang.

Angka di atas terdiri dari 895.955 penumpang datang dan berangkat di Terminal Ferry Domestik dan 1.118.061 penumpang datang dan berangkat di Terminal Ferry Internasional di Batam.

Adapun Terminal Ferry dalam wilayah kerja Badan Pengusahaan Batam antara lain Terminal Ferry Domestik Sekupang, Terminal Ferry Domestik Telaga Punggur, Terminal Ferry Domestik Harbour Bay, dan Penumpang Kapal Pelni di Terminal Batu Ampar, Terminal Ferry Internasional Batam Centre, Terminal Ferry Internasional Sekupang, Terminal Ferry Internasional Harbour Bay, Terminal Ferry Internasional Teluk Senimba, dan Terminal Ferry Internasional Nongsapura.

BACA JUGA:  Taman Rusa Berkonsep Mini Zoo

“Jumlah penumpang di Terminal Ferry Domestik pada Periode Triwulan I Tahun 2024 sudah melampaui realisasi di periode yang sama di Tahun 2019, sebelum adanya Pandemi Covid-19,” ujar Dendi dalam keterangan resminya, Kamis, 25 April 2024.

Sedangkan untuk Terminal Ferry Internasional, Dendi menambahkan, jumlah penumpang masih di angka 60 persen dari perolehan Triwulan I Tahun 2019.

Namun ia optimis seiring dengan peningkatan layanan di Terminal Ferry Internasional dan kondisi perekonomian yang terus meningkat dapat mendorong capaian jumlah penumpang di Terminal Ferry Internasional untuk melampaui realisasi di Tahun 2019.

BACA JUGA:  Arus Balik Melonjak, Ditpam Tambahkan Personil

“Dari sisi kunjungan kapal penumpang, realisasi Triwulan I 2024 mencapai 17.152 atau 184 persen dari capaian di Triwulan I 2019, artinya jadwal kapal yang melayani penumpang domestik dan Internasional di Tahun 2024 ini semakin banya. Kita berharap jumlah penumpang di Terminal Ferry Internasional terus meningkat di Tahun 2024 ini,” imbuh Dendi.

Dendi menambahkan, sejak November 2023 lalu, BP Batam telah menerapkan digitalisasi di Terminal Ferry Domestik Punggur dan Sekupang, dimulai dari digitalisasi pembelian tiket kapal ferry secara online atau e-ticketing hingga pembayaran non tunai atau cashless payment. Calon penumpang kapal dengan tujuan domestik dapat melakukan pemesanan tiket secara online melalui easybook.com dan tiketkapal.com.

BACA JUGA:  Wali Kota Batam Beri Waktu 3 Bulan kepada Disdukcapil

“Di Terminal Ferry Domestik Telaga Punggur juga sudah tersedia self kiosk yang telah diluncurkan oleh Kepala BP Batam, Bapak Muhammad Rudi pada Maret lalu, yang merupakan Pelabuhan Penumpang pertama di Indonesia yang menerapkan sistem ini,” tandasnya.

Dengan digitalisasi di sektor Pelabuhan Penumpang ini diharapkan dapat memberikan peningkatan pengalaman bagi penumpang dalam menggunakan transportasi kapal laut.(maq)

BAGIKAN