Kepala BP Batam: Beri Pelayanan Perizinan Cepat, Mudah dan Murah

997

TERKAIT LALU LINTAS BARANG

Batam, edisiana.com – Badan Pengusahaan (BP) Batam senantiasa mengikuti perkembangan zaman. Termasuk perkembangan teknologi informasi di perizinan lalu lintas barang. Harus lebih cepat, mudah dan tarifnya murah.

Terbukti dengan digelar Group Discussion (FGD) dengan tema: Peningkatan Pelayanan Lalu Lintas Barang dengan Dukungan IT, yang dibuka resmi oleh Plh. Kepala BP Batam, Purwiyanto, pada Rabu,21 Oktober 2020 di Radisson Golf and Convention Center, Batam.

BACA JUGA:  Kota Batam Tumbuh Pesat, Perlu Data Geospasial yang Lengkap

Hal itu dalam mengupayakan peningkatan dukungan teknologi informasi (TI) pada Sistem Informasi Keluar Masuk Barang (SIKMB) agar mampu mengakomodir pengajuan item dalam jumlah yang besar dan meningkatkan kecepatan transfer data.

Dalam diskusi itu, Purwiyanto menyatakan pentingnya untuk memperhatikan pelayanan perizinan lalu lintas barang sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan daya saing Batam.

BACA JUGA:  Nilai Ekspor Petai ke Malaysia Sampai Rp156 Juta

Menurut dia, tarif yang bersahabat harus selaras dengan pelayanan yang cepat dan efisien. “Jadi di samping pemberian insentif dengan tarif dan murah, dan kemudahan dalam pengurusan dokumen, pelayanan yang cepat dan tepat juga merupakan hal yang harus diberikan perhatian lebih,” ujar Purwiyanto.

BACA JUGA:  Pelayanan Kepelabuhan dì Batam Masih Perlu Diawasi

Ia mengimbau kepada Direktorat Pelayanan Lalu Lintas Barang dan Penanaman Modal agar memperhatikan data pada 2019 dan 2020 dalam proses penyusunan Rencana Pemasukan Barang Konsumsi (RPBK) Tahun 2021.

“Tidak hanya mencatat kuota, tapi faktor-faktor penentunya juga harus dicatat sesuai dengan kebutuhan,” kata Purwiyanto. (maq)

BAGIKAN