Riau Bangun Proyek SPAM, Air Mengalir dari Pekanbaru Sampai Kampar

519

Riau, edisiana.com – Pemerintah Provinsi Riau membangun Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar. Tak tanggung-tanggung kapasitas 1. 000 liter per detik.

Proses dimulai dengan groundbreaking di Hotel Pangeran, Kota Pekanbaru, Riau, Kamis, 19 November 2020. Hal ini merupakan untuk mempercepat proses dimulainya tahapan pembangunan SPAM pada awal tahun 2021.

BACA JUGA:  Gubernur Riau: Nanti Kita Atur, Mana Boleh Sekolah, Mana yang Belum

“Dan diharapakan air minum akan mengalir sampai di rumah masyarakat secara bertahap mulai tahun 2022,” kata Gubernur Riau, Syamsuar seperti dilansir mediacenter.riau.go.id pada Kamis ini.

Nantinya, proyek ini akan mengaliri air bersih di Kecamatan Tambang Kampar. Sedangkan di Kota Pekanbaru di Kecamatan Bukit Raya, Marpoyan Damai dan Kecamatan Tampan.

BACA JUGA:  Gubernur Riau Sudah Oke dengan Tarif Tol Pekanbaru-Dumai, Berlaku 2 November

Gubri mengatakan proyek air minum berkapasitas 1.000 liter per detik. Dan bakal tersambung ke ribuan rumah tangga di Kota Pekanbaru dan Kampar.

“Jaringan proyek perpipaan air bersih ini nanti akan mengaliri 102.000 rumah tangga atau 624 ribu jiwa akan mendapatkan manfaat air minum ini,” Syamsuar menambahkan. 

BACA JUGA:  Terkait Tol Rengat-Jambi, Sekda Sudah Tanda Tangan, Tinggal Gubernur Lagi

Pada kesempatan itu ia berharap proyek ini secepatnya dapat mulai dibangun dan direalisasikan. Sehingga air bersih yang menjadi kebutuhan dapat segera dirasakan masyarakat. “Saya ingatkan setelah grounbreaking ini, segera laksanakan proyek ini,” ujarnya.(maq)

BAGIKAN