Apple Luncurkan Fitur Baru, Pelacakan Mata

66
Apple meluncurkan fitur baru, pelacakan mata pada iPad dan iPhone. Foto: via Daylimail

edisiana.com – Gagasan mengendalikan ponsel cerdas Anda dengan mata Anda mungkin terdengar seperti teknologi dari film fiksi ilmiah terbaru. 

Namun hal ini akan menjadi kenyataan bagi jutaan pengguna iPhone di seluruh dunia. Apple telah mengkonfirmasi bahwa mereka mengaktifkan pelacakan mata pada iPhone dan iPad . 

Menggunakan kecerdasan buatan ( AI ), alat ini akan memungkinkan pengguna menavigasi perangkat Apple hanya dengan menggunakan mata.

“Pelacakan Mata menggunakan kamera depan untuk mengatur dan mengkalibrasi dalam hitungan detik, dan dengan pembelajaran mesin pada perangkat, semua data yang digunakan untuk mengatur dan mengontrol fitur ini disimpan dengan aman di perangkat, dan tidak dibagikan dengan Apple,” jelas Apple seperti dilansir Daylimail.

BACA JUGA:  Drogba: Chelsea Perlu Pelatih Karismatik

Alat pelacak mata adalah salah satu dari beberapa fitur aksesibilitas baru yang diumumkan oleh Apple minggu ini. “Kami sangat percaya pada kekuatan transformatif dari inovasi untuk memperkaya kehidupan,” kata CEO Apple Tim Cook.

“Itulah sebabnya selama hampir 40 tahun, Apple telah memperjuangkan desain inklusif dengan memasukkan aksesibilitas sebagai inti dari perangkat keras dan perangkat lunak kami,” imbuhnya.

“Kami terus mendorong batas-batas teknologi, dan fitur-fitur baru ini mencerminkan komitmen jangka panjang kami untuk memberikan pengalaman terbaik bagi semua pengguna kami,” sambungnya menegaskan.

Pelacakan Mata berfungsi di aplikasi iPadOS dan iOS, dan tidak memerlukan perangkat keras atau aksesori tambahan apa pun.

BACA JUGA:  Leicester Kalah Memalukan, Rodgers Dalam Tekanan Pemecatan

Setelah diatur, pengguna dapat menavigasi elemen aplikasi dan menggunakan Dwell Control untuk mengaktifkan setiap elemen, mengakses fungsi tambahan seperti tombol fisik, gesekan, dan gerakan lainnya hanya dengan mata mereka.

Di antara serangkaian fitur baru yang diumumkan oleh raksasa teknologi itu adalah fitur yang menurut perusahaan dapat mengurangi mabuk perjalanan bagi penumpang dalam kendaraan yang bergerak.

Apple mengatakan penelitian menunjukkan bahwa mabuk perjalanan umumnya disebabkan oleh konflik sensorik antara apa yang dilihat dan dirasakan seseorang. 

Namun, fitur Vehicle Motion Cues yang baru, yang menempatkan titik-titik animasi di tepi layar untuk mewakili perubahan gerakan kendaraan, dapat membantu mengurangi konflik sensorik dan mabuk perjalanan.

BACA JUGA:  Messi Melewati Kutukan Demi Kutukan

Fitur baru lainnya adalah Music Haptics, yang menggunakan mesin taptic di iPhone – yang menggerakkan getaran pada perangkat untuk memungkinkan mereka yang tunarungu atau mengalami gangguan pendengaran merasakan musik bergetar mengikuti audio musik.

Apple mengatakan pihaknya juga memperkenalkan fitur ucapan baru yang memungkinkan pengguna untuk menetapkan ucapan khusus ke asisten virtual Siri untuk membantu pintasan ke aplikasi, yang ditujukan bagi mereka yang memiliki kondisi yang memengaruhi ucapan mereka.(maq)

BAGIKAN