Hasil Temuan Ilmuwan: Inilah Waktu yang Bagus Berolahraga

143
Olahraga pagi sangat bagus menjaga tubuh kita. Foto: Mirror

edisiana.com – Para ilmuwan telah menemukan waktu terbaik untuk bergerak atau berolahraga. Agar bisa mempertahankan berat badan yang sehat.

Sebuah studi pada tikus, yang dilakukan oleh para peneliti di Karolinska Institutet dan University of Copenhagen.  Mereka menemukan aktivitas fisik pada waktu tertentu meningkatkan metabolisme lemak.

Tikus yang berolahraga dalam fase aktif awal – pada dasarnya di pagi hari. Yang bisa meningkatkan metabolisme mereka lebih dari rekan mereka yang berolahraga pada saat mereka biasanya beristirahat.

BACA JUGA:  Pakar Memberikan Tips Rambut Sehat dan Panjang

Profesor Juleen Zierath, dari Karolinska Institutet, Swedia, mengatakan waktu pagi yang tepat dan penting untuk keseimbangan energi tubuh dan untuk meningkatkan manfaat kesehatan dari olahraga. 

“Tapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menarik kesimpulan yang dapat dipercaya tentang relevansi temuan kami. kepada manusia,” ujarnya seperti dilansir Mirror. 

Para peneliti mempelajari lemak tubuh tikus setelah sesi latihan intensitas tinggi di atas treadmill pada dua waktu berbeda dalam sehari.

BACA JUGA:  Keren! Harumkan Nama Riau, Tiga Pelajar Raih Prestasi

Mereka melakukan tes ini selama fase aktif awal dan fase istirahat awal – mengingat fakta bahwa tikus aktif di malam hari. 

Pada dasarnya adalah versi mereka dari sesi latihan pagi dan sore hari.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa olahraga selama fase aktif awal ini meningkatkan ekspresi gen yang terlibat dalam pemecahan jaringan lemak, produksi panas, dan sel-sel pada jaringan lemak yang mengindikasikan tingkat metabolisme yang lebih tinggi.

BACA JUGA:  Yuk! Pikir Ulang Kalau Mau Pakai Pemanis Gula Buatan

Ini semua terjadi terlepas dari makanan yang mereka makan.

Menariknya, hasil ini sesuai dengan studi dari tahun lalu yang juga menemukan olahraga pagi memiliki sampai yang kuat dalam hal lemak dan tekanan darah pada manusia. 

Namun, menurut temuan tersebut, pembentukan otot lebih efektif dengan olahraga malam, yang juga membantu meningkatkan suasana hati dan kesejahteraan.(maq)

BAGIKAN