Lubang Semburan Gas Ditutup

766
Begini kondisi terakhir lubang semburan gas yang terjadi di Pekanbaru, Riau. Meninggalkan lubang besar menganga. Pemerintah Provinsi Riau tengah menyiapkan penutup lubung tersebut dengan plat besi baja. Foto: MCR

Riau, edisiana.com Semburan gas di Pondok Pesantren Al Ihsan, Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru saat ini sudah berakhir. Kini hanya meninggalkan lubang besar yang menganga.

Kepala dinas ESDM Riau, Indra Agus Lukman mengaku pihaknya bersama tim telah melakukan pengecekan struktur tanah di sekitar lokasi semburan.

BACA JUGA:  Yuk! Ke 'Raja Ampat' Riau

“Alhamdulillah sekitar lokasi semburan tidak ada retakan tanah, kecuali di tempat semburan gas itu saja,” kata Indra seperti dilansir mediacenter.riau.go.id pada Kamis, 18 Februari 2021.

Indra juga mengatakan pihak petugas tengah melakukan penutupan. Yakni dengan cover plate atau plat penutup. 
Cover plate ini merupakan sambungan dari beberapa lempengan besi baja yang disatukan dengan cara mengelas. Kemudian, nantinya akan diletakkan dibagikan atas lubang semburan. 

BACA JUGA:  Dua Kapal Berbendera Malaysia Ditangkap di Bagansiapi-api

Tujuannya agar nantinya bisa menahan luapan semburan gas. Sedangkan motede dan pelaksanaan penutupan lubang disesuaikan dengan kondisi di lapangan.

Indra menjelaskan setelah nantinya penutupan lubang semburan selesai, maka kegiatan pondok pesantren Al Ikhsan diperbolehkan untuk dilanjutkan lagi.

“Terkait kondisi pesantren yang mengalami kerusakan, pemerintah tidak akan tinggal diam. Bantuan akan diberikan baik dari pemerintah provinsi Riau maupun dari pemerintah kota Pekanbaru,” tutur Indra.(maq)

BACA JUGA:  Gubernur Diminta Gencarkan Lagi Protokol Kesehatan
BAGIKAN