Riau akan Modifikasi Cuaca

846
Pesawat Cassa yang akan memodifikasi cuaca. Foto: MCR

Pakai Pesawat Jenis Casa 212-200

Riau, edisiana.comKepala Bidang Kedaruratan BPBD Riau, Jim Gafur, mengatakan pesawat jenis Casa 212-200 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan akan melakukan modifikasi cuaca pada Rabu, 11 Maret 2021.

Sebelum melakukan modifikasi cuaca tambah Jim Gafur, petugas TMC terlebih dulu akan melakukan evaluasi dan melihat perkembangan terhadap cuaca di Riau. Terutama awan yang dinilai bisa dilakukan penyemaian garam.

BACA JUGA:  Mancing di Sungai, Warga di Riau Dimakan Buaya

“Jika ada awan dan memungkinkan akan lansung dilakukan penyemaian garam,” jelas Gafur seperti dilansir mediacenter.riau.go.id pada Selasa, 9 Maret 2021.

Terkait modifikasi cuaca ini, Riau diberikan stok garam sebanyak 10 ton. Dan 10 ton garam tersebut jika habis akan dikirim lagi dari pusat sesuai kebutuhan dan sesuai hasil modifikasi cuaca kedepan.

BACA JUGA:  KEK Kesehatan Batam Dipromosikan di TEI untuk Menarik Investor

“Untuk modifikasi cuaca ini, sekali pelaksanaan akan menggunakan sekitar  800 kg garam. Sedangkan waktu penyemaiannya tergantung pada kondisi cuaca,” tuturnya.

“Mudah-mudahan dengan ada TMC ini bisa mengatasi Karhutla mau maupun titik api yang masih terdeteksi di Riau. Terutama pada daerah yang sulit dijangkau melalui darat,” pungkasnya.(maq)

BACA JUGA:  Batam Disiapkan Jadi Pengembangan Hub Energi Baru Terbarukan
BAGIKAN