Auto Gate System Cegah Kemacetan di Pelabuhan Batu Ampar

1114
Pelabuhan Batu Ampar, tempat bongkar muat petikemas. Foto: Humas

Batam, edisiana.comPelabuhan Batu Ampar terus berbenah demi memberikan pelayanan yang efektif dan efisien bagi para penguna jasa. Dalam waktu dekat Badan Usaha Pelabuhan (BUP) bersama KPU Bea Cukai Batam akan segera meluncurkan Auto Gate System di Pelabuhan Batu Ampar.

Auto Gate System sendiri merupakan fasilitas pelabuhan yang menggunakan sistem otomasi sehingga pengguna jasa yang akan masuk dan keluar dari area pelabuhan akan terekam secara otomatis di sistem tanpa perlu mengantre, yang kerap menyebabkan kemacetan di ruas jalan Batu Ampar.

BACA JUGA:  Industri Kimia dan Farmasi Berikan Kontribusi Terbesar Investasi di Batam

“Auto Gate System ini akan terhubung dengan aplikasi milik Bea Cukai, sehingga nantinya tidak perlu lagi ada pengecekan manual oleh petugas di Pos Keluar,” ujar Direktur BUP BP Batam, Nelson Idris, dalam siaran persnya, Jumat kemarin.

Nelson, menambahkan, penerapan otomasi melalui Auto Gate System ini, diharapkan dapat menjawab keluhan para pengguna jasa yang selama ini harus mengantre panjang di pos pemeriksaan Bea Cukai saat kegiatan bongkar muat sedang padat di Pelabuhan Batu Ampar.

BACA JUGA:  200 Pengusaha Batam Ikut Sosialisasi LKPM

Selain itu, kata Nelson, Auto Gate System ini juga dapat meningkatkan sistem keamanan pelabuhan karena tak semua kendaraan dapat bebas lalu lalang di Pelabuhan yang telah menerapkan ISPS Code ini.

“Sistem ini mengharuskan pengguna jasa untuk mengurus pass tahunan terlebih dahulu baru mendapatkan kartu pass yang bisa digunakan untuk masuk dan keluar lewat Auto Gate System ini. Sehingga dengan penerapan Auto Gate System ini, ISPS Code juga kita jalankan,” imbuhnya.(maq)

BACA JUGA:  Komunitas Sepeda Hijaukan Kawasan Senjulung
BAGIKAN