Alamak! 283 Desa di Riau Belum Ada Akses Internet

744

Riau, edisiana.com – Alamak! Sebanyak 283 desa/kelurahan di wilayah Provinsi Riau belum memiliki akses internet. Apalagi jaringan 4G. Sementara itu di Indonesia baru dua provinsi yang memiliki internet seluruh desa dan kelurahannya. Yakni Yogyakarta dan Bali.

Hal ini terungkap saat Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Kadiskominfotik) Provinsi Riau, Chairul Riski mengikuti rapat bersama Direktorat Telekomunikasi Dirjen PPI Kementerian Komunikasi dan Informatika secara virtual di Kantor Diskominfotik Riau, pada Jumat, 6 November 2020.   

BACA JUGA:  Pasien Covid-19 yang Sembuh 167 Orang, yang Positif Tambah 116 Orang

Menurut Riski, pihaknya telah mengirim surat kepada Kementerian Kominfo pada 11 Agustus 2020 lalu. Ia meminta bantuan untuk membangun internet desa digital di 283 desa/kelurahan di Riau. “Jaringan internet sangat dibutuhkan oleh masyarakat, apalagi saat ini menurutnya semua dilakukan serba digital,” ujarnya seperti dilansir mediacenter.riau.go.id pada Jumat ini. 

BACA JUGA:  Sudah Sembuh tapi Pasien Masih Positif Covid-19

Direktorat Telekomunikasi Dirjen PPI Kementerian Komunikasi dan Informatika, Muhammad Ridwan mengatakan bahwa ditahun 2022 Kementerian Kominfo menargetkan seluruh desa sudah menikmati layanan internet atau sudah 4G. 

Namun, hingga saat ini masih banyak provinsi di Indonesia yang belum menikmati layanan internet di desa/kelurahannya termasuk 283 desa/kelurahan yang ada di Provinsi Riau. 

“Terkait dengan desa dan kelurahan di 34 provinsi di Indonesia yang menjadi target tahun 2022 sudah menikmati layanan Internet. Tapi sampai sekarang masih ada desa yang belum maksimal teraliri internet, ini dikarena ada beberapa hambatan,” terangnya. 

BACA JUGA:  Perhatian! Ini Dua Daerah Rawan Laka di Tol Pekanbaru-Dumai

Ia juga menyebutkan dari 34 provinsi yang ada di Indonesia, hanya 2 provinsi (semua desa/kelurahan) yang sudah memiliki internet (4G) yaitu Provinsi DI Yogyakarta dan Bali.(maq)

BAGIKAN