Badai Gusty Pengaruhi Angin Kencang di Kepri

919

Batam, edisiana.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam memperkirakan, pada Sabtu, 2 Januari 2021 terjadi gelombang pasang tinggi disertai angin kencang di Perairan Kepri. Cuaca ekstrem di Kepulauan Riau ini dipengaruhi oleh Badai Gusty.

“Apabila terjadi Gusty, maka kecepatan angin tadi bisa mencapai 30 KT atau lebih, dan angin ini lah yang dapat merusak atap, sarana prasaran umum,” kata Forecasater On Duty BMKG Hang Nadim, Fauzan, seperti dilansir liputan6.com.

BACA JUGA:  Nanti Malam Air SPAM Batam Mati Enam Jam, Cek Lokasinya di Sini

Badai Gusty , ia menjelaskan, merupakan angin kencang berdurasi singkat yang kecepatannya naik mendadak mencapai 15 knot atau lebih dari kecepatan angin rata-rata.

Sejak awal Jumat 1 Januari 2021 ia menambahkan rata-rata kecepatan angin per jam di wilayah itu berkisar 11-17 KT. Oleh karena itu BMKG meminta masyarakat waspada. Lantaran angin kencang ini berpotensi terjadi dalam skala lokal di wilayah Batam, Lingga, dan Bintan.

BACA JUGA:  HKI Indonesia Optimis dengan Peluang Ekspansi Bisnis ke Batam

“Ketinggian pasang maksimum diprediksi terjadi di wilayah pesisir Batam. Dengan tinggi maksimum 2,6 meter hingga 3,0 meter,” ujar Fauzan.(maq)

BAGIKAN