City Renovasi Etihad, Telan Dana Rp5,4 T

321
Stadion Etihad, milik Manchester City. Foto: Getty

edisiana.com – Manchester City menyiapkan anggaran senilai £300 juta atau sekitar Rp5,4 trilliun untuk merenovasi salah satu ujung Stadion Etihad.

Rencananya akan ada pembahan 7.700 kursi tambahan ke tingkat kedua Tribun Utara, yang akan menambah kapasitas menjadi sekitar 61.000.

Dan juga akan membangun hotel baru, taman penggemar beratap, megastore dan museum yang dibangun di kampus untuk lebih memodernisasi fasilitas.

Dan bila dimasukkan keseluruhan pengeluaran City untuk pengembangan infrastruktur di area tersebut – termasuk perbaikan stadion sebelumnya, tempat latihan dan pusat komunitas – menjadi £1 miliar.

Saat ini pihak City baru menyelesaikan dengan penduduk setempat dan akan dilanjutkan proses pembuatan izin perencanaan.

Bila izinnya dikabulkan, mereka mengharapkan pekerjaan dimulai pada November dan berharap perluasan kapasitas akan selesai pada awal musim 2025-26. Pekerjaan pembangunan lainnya selesai setahun kemudian.

City menyatakan bahwa masa konstruksi akan direncanakan dengan hati-hati di sekitar musim sepak bola untuk meminimalkan potensi gangguan.

Peningkatan kapasitas akan membawa City sejajar dengan stadion lain seperti Tottenham, Arsenal dan West Ham United.

Pengembangan Liverpool di Anfield juga diperkirakan akan mencapai angka 61.000. Firma arsitektur terkenal Populous telah merancang perombakan, dengan proyek masa lalu mereka termasuk stadion kriket terbesar di dunia di India serta stadion baru di Tottenham dan Lyon.

Kelayakan yang dilakukan pada akhir tahun lalu menghasilkan 434 tanggapan formal. City mengatakan bahwa 79 persen dari komentar tersebut dianggap baik secara khusus menyuarakan dukungan atau secara positif.

“Mereka menyumbangkan ide untuk kami pertimbangkan sebagai bagian dari proposal formal kami. Suporter menginginkan transportasi yang lebih baik pada jaringan Metrolink satu jalur, dan beberapa meminta restoran duduk yang tersedia untuk penggemar yang belum membeli tiket keramahtamahan,” jelas City dalam pernyataannya yang dilansir Daylimail pada hari ini.(maq)

BACA JUGA:  Deschamps Tidak Khawatir dengan Kutukan
BAGIKAN