Ronaldo Terancam Kena Sanksi FIFA

787
Ronaldo. Foto: Rex Dilansir The Sun

Bola, edisiana.comCristiano Ronaldo terancam terkena sanksi FIFA akibat reaksi marahnya dan meninggalkan lapangan sebelum pertandingan berakhir. Pada saat Portugal melawan Serbia pada Sabtu malam, 28 Maret 2021.

Ronaldo menyodok bola Hingga melewati garis gawang di menit tambahan. Sayang kala laga itu tidak teknologi gawang, sehingga menggalkan Portugal menang.

Ronaldo pun kecewa. Ronaldo lantas berteriak pada asisten wasit sebelum melemparkan ban kapten ke lapangan dan keluar lapangan.

BACA JUGA:  Negosiasi Kontrak Alot, Mbappe Hanya Boneka

 Corriere dello Sport menyebutkan bahwa pemenang Euro 2016 terancam menerima sanksi dari FIFA jika mereka menganggap reaksinya dianggap sebagai kekerasan.

Pasal 11 dalam Kode Disiplin berbunyi menyebutkan: Perilaku ofensif atau pelanggaran prinsip-prinsip permainan yang adil” sebelum menjelaskan lebih detail tentang apa yang diperlukan.

Asosiasi dan klub, serta pemain mereka, ofisial atau anggota atau orang lain yang menjalankan fungsi atas nama mereka, harus mematuhi Hukum Permainan, Statuta FIFA dan peraturan, arahan, pedoman, surat edaran dan keputusan FIFA.

BACA JUGA:  Atletico Sikat Madrid 4-2 di Copa Del Rey

Demikian pula, mereka harus mematuhi prinsip-prinsip permainan yang adil, loyalitas dan integritas.

Belum dipastikan apakah Ronaldo telah melanggar aturan Pasal 11 atau tidak.

Jika dia dianggap bersalah, Explica  melaporkan bahwa Pasal 12 kemudian merinci hukumannya.

Yakni berbunyi larangan itu bisa berupa ‘setidaknya satu pertandingan atau jangka waktu yang sesuai untuk perilaku yang tidak sportif terhadap lawan atau siapa pun selain petugas pertandingan’.

BACA JUGA:  City Pecahkan Rekor Transfer

Mantan pemain internasional Portugal Fernando Meira mengecam Ronaldo setelah pertandingan karena tingkah lakunya yang tidak dapat diterima. Yang memberikan contoh buruk bagi orang lain.

Menyusul keputusan tersebut, bos Portugal Fernando Santos mengungkapkan bahwa wasit telah meminta maaf atas kesalahan tersebut. (maq)

BAGIKAN