Batam Disiapkan Jadi Pengembangan Hub Energi Baru Terbarukan

532
Memperentasikan peluang Energi Baru Terbarukan (EBT) di Kota Batam di Pameran Infrastructure Connect. Foto: Humas

Batam, edisiana.com Kepala Pusat Pengembangan KPBPBB dan KEK BP Batam, Irfan Syakir Widyasa, memperentasikan peluang Energi Baru Terbarukan (EBT) di Kota Batam.

Kegiatan itu di Pameran Infrastructure Connect di Hall D2 Jakarta International Expo, Kemayoran yang dibuka Menteri PUPR RI, Mochamad Basoeki Hadimoeljono, pada Rabu, 23 November 2022. 

BACA JUGA:  JSKG akan Bangun LNG di Batam

Irfan mengatakan, sesuai arahan Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, saat ini Kota Batam tengah disiapkan untuk menjadi Hub Pengembangan EBT. 

Yang mana EBT Kepri sendiri telah ditetapkan menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN) berupa Pembangkit Listrik Tenaga Surya PLTS Skala Besar di Batam. 

Hal ini telah tertuang dalam Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Nomor 9 Tahun 2022 Tentang Perubahan Daftar PSN.

BACA JUGA:  Tekan Inflasi, Jual Sembako Murah

“Pengembangan PLTS Terapung di Kota Batam akan dilakukan pada dua waduk, yaitu Waduk Duriangkang dan Waduk Tembesi,” kata Irfan. 

Irfan melanjutkan, BP Batam akan terus mendorong EBT sebagai salah satu fokus untuk menambah daya tarik investasi Kota Batam. 

“EBT memiliki peluang bisnis yang besar. Sektor energi juga menjadi perhatian dunia. Ini otomatis akan meningkatkan daya saing Batam,” ujar Irfan optimis. 

BACA JUGA:  Desember, Pekerjaan IPAL Mulai Lagi, Inilah Tujuh Titik Lokasi Belum Tersambung

“Kami berharap, kegiatan ini mampu memperluas jaringan dan meningkatkan kesempatan investasi di Kota Batam,” pungkasnya.(maq)

BAGIKAN