Teknologi Baru, Android 15, Tingkatkan Daya Tahan Baterai Sampai Tiga Jam

52
Fitur baru dari Android 15 akan menghemat baterai sampai tiga jam. Foto: via Metro

edisiana.com – Google meluncurkan banyak teknologi baru pada acara I/O tahunannya minggu lalu, termasuk berita tentang Android 15.

Tapi baru kemudian permata khusus ini muncul, ketika VP teknik Android Dave Burke muncul di podcast Android Faithful dan berbicara dengan perusahaannya. co-host Mishall Rahman untuk Otoritas Android.

Dia mengungkapkan bahwa perangkat lunak baru ini akan beralih ke mode istirahat. Dan sekitar 50 persen lebih cepat dibandingkan Android 14.

Mode istirahat mengurangi penggunaan baterai dengan mengelola perilaku aplikasi saat perangkat tidak digunakan dalam jangka waktu lama, memastikan aplikasi tidak terus-menerus berputar-putar.

Sejauh ini pengguna android mengeluhkan baterai mereka sering kali rusak. Dengan  Android 15 baru dapat memberi ponsel Anda peningkatan daya baterai selama tiga jam. 

Mr Burke mengungkapkan, dalam pengujian, tim Google telah melihat masa pakai baterai ekstra tiga jam dengan perubahan terbaru. Yang pada dasarnya berarti keluar malam, ponsel Anda cenderung mati setelah bekerja.

BACA JUGA:  Menko Ajak Dubes AS dan Kanada Lihat Potensi Investasi di Batam

Tentu saja, banyak ponsel Android yang sudah menawarkan masa pakai baterai yang jauh lebih baik dibandingkan pendahulunya. Perangkat lunak baru ini tidak menjamin Anda akan mendapatkan tiga jam penuh pengguliran ekstra.

Terutama segera setelah pembaruan, yang dapat memengaruhi baterai selama satu atau dua hari. Namun, ini pertanda baik bahwa keseluruhan sistem harus lebih efisien.

Melansir Metro, Google baru merilis Android 15 pada bulan Oktober mendatang.  Jika tetap mengikuti jadwal yang sama, Android 14 bisa tiba pada musim gugur 2024, diluncurkan bersamaan dengan rumor peluncuran Google Pixel 9. 

BACA JUGA:  Bio Solar Langka dì Riau, Stop! Mobil Dinas Pakai BBM Subsidi

Penawaran tahun ini juga dapat mencakup Google Pixel 9 Pro XL, yang diharapkan memiliki layar lebih besar dan kinerja baterai lebih baik daripada saudara kandungnya.

Sementara pengguna Android 15 akan ditawari ruang pribadi yang sepenuhnya terpisah untuk aplikasi dan data yang tidak ingin mereka tampilkan di layar utama, mirip dengan Folder Aman Samsung.

Ini akan memungkinkan orang menyembunyikan aplikasi dan informasi sensitif. Seperti album foto atau Chrome – di bagian terpisah dalam laci aplikasi yang memerlukan verifikasi tambahan untuk membukanya, seperti kode sandi atau sidik jari.

Artinya meskipun keluarga atau teman memegang ponsel Anda, mereka tetap tidak dapat melihat konten tertentu.

Selain itu dari segi keamanan, Theft Detection Lock akan menggunakan AI untuk mengetahui apakah ponsel Anda dirampas dengan kecepatan tinggi dan secara otomatis mengunci layar.

BACA JUGA:  Pendapatan Liga Inggris Rp103 T, LaLiga Hanya Separuhnya

Artinya meskipun pencuri mengambil perangkat Anda, mereka tidak akan bisa masuk ke dalamnya. Kunci otomatis yang sama juga berlaku jika terlalu banyak upaya otentikasi yang salah dilakukan.

Juga akan ada pembaruan pada kunci sandi, dengan layar pemilihan akun dan layar konfirmasi kini digabungkan menjadi satu.

Dan satu pembaruan mungkin akan menjadi topik hangat. Pengguna kini dapat mengatur getaran khusus untuk saluran notifikasi tertentu. Ini berarti mereka yang hidup dengan ponsel dalam keadaan senyap (yaitu sebagian besar dari kita) akan mengetahui dari buzz di saku kita apakah notifikasi terbaru itu berupa WhatsApp, SMS, atau email.(maq)

BAGIKAN