Batam Bakal Jadi Pilot Project Jaringan 5G

792
Sekda Pemko Batam, Jefridin Hamid. Foto: MCB

Batam, edisiana.com Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam Jefridin Hamid mengatakan, Batam rencananya akan melakukan pembangunan pusat data nasional. Bahkan Telkomsel berencana menjadikan Batam sebagai lokasi pilot project teknologi jaringan 5G.

Nantinya pembangunan Pusat Data Nasional yang berada di Trans Barelang atau di Nongsa.

“Tentunya ini akan semakin meningkatkan daya saing Kota Batam. Rencana-rencana besar ini akan terus didukung oleh Pemerintah Kota Batam, sebagaimana dukungan terhadap program Palapa Ring Wilayah Barat beberapa tahun yang lalu,” papar alumni lulusan Universitas Islam Riau seperti dilansir mediacenter.riau.go.id pada Kamis, 20 Mei 2021.

BACA JUGA:  OnePlus Keluarkan Produk Baru


Apalagi Batam, ia menambahkan memiliki keunggulan geo-strategis karena berdekatan dengan Singapura dan Johor-Malaysia.

Karena itu daya saing Batam ini tidak hanya dinilai pada kancah nasional, akan tetapi juga diharapkan mampu mengimbangi kedua negara tetangga tersebut.

Dalam pelaksanaan, imbuhnya, pelayanan pemerintah juga harus bisa menyesuaikan diri dengan lajunya digitalisasi.

BACA JUGA:  Perluas Pasar ke Asia, Perusahaan Amerika Jajaki Investasi di Batam

Birokrasi dilayani secara online dan mengurangi tatap muka, sehingga diharapkan dapat menjadi lebih efisien dan transparan.

Dalam hal ini,  Pemko Batam telah dan terus meningkatkan pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan dengan memanfaatkan TIK seperti pada pelayanan perizinan di Mall Pelayanan Publik (MPP) Batam.

BACA JUGA:  Honda Beri Kejutan, Ini Promo November Wow

Selain itu, Batam telah menerapkan transaksi Non Tunai pada bidang Pendapatan dan Belanja, penggunaan Tapping box untuk memaksimalkan pendapatan sektor pajak dan mendorong penggunaan QRIS.

“Di era digital ini tidak dapat dipungkiri mengharuskan kita melek teknologi. Dibutuhkan kecakapan-kecakapan dasar baik bagi aparatur pemerintah maupun masyarakat untuk mengisi ruang digital,” terangnya.(maq)

BAGIKAN