Wales Tetap Lolos, Si Kuda Hitam Terpuruk

543
Pessina saat mencetak gol indah. Foto: Getty

Bola, edisiana.com Wales membukukan tempat lolos di babak sistem gugur Euro 2020 setelah finis sebagai runner-up di Grup A.

Kendati pada dinihari tadi kalah 1-0 di tangan tim Italia asuhan Roberto Mancini yang tampil mengesankan di Roma.

Anak asuh Rob Page membutuhkan satu poin untuk menjamin kualifikasi. Tetapi tetap berada di posisi kedua dengan keunggulan selisih gol dari Swiss, yang mengalahkan Turki 3-1 pada pertandingan lainnya.

Penyelesaian tendangan voli yang indah dari Matteo Pessina memberi Italia keunggulan satu gol di babak pertama.

Wales hanya terdiam dengan Ethan Ampadu dikeluarkan dari lapangan karena melakukan pelanggaran keras terhadap Federico Bernardeschi 10 menit memasuki babak kedua di Stadio Olimpico.

BACA JUGA:  Memphis Yakin Barca akan Comeback

Dalam laga ini Aaron Ramsey dan Gareth Bale sama-sama memiliki peluang emas untuk menyamakan kedudukan. Sayang, tetapi penyelesaian mereka mengecewakan.

Italia bertahan untuk mengamankan pertandingan ke-30 berturut-turut tanpa kekalahan.

Tuan rumah telah memastikan tempat mereka di babak berikutnya dengan sepasang kemenangan komprehensif 3-0 atas Turki dan Swiss.

Kemenangan terakhir mereka semakin menguatkan status mereka sebagai salah satu favorit di turnamen musim panas ini bersama juara dunia Prancis.

Peluang besar pertama di pertandingan itu jatuh ke tangan Andrea Belotti pada menit ke- 24. Namun tembakan striker Torino itu masih melebar dari sudut sempit.

BACA JUGA:  Setan Merah Murka, Cetak Rekor Lagi

Setelah Chris Gunter menyundul tendangan sudut Daniel James tepat di atas mistar gawang, pasukan Mancini meningkatkan tekanan dengan serangkaian serangan tajam.

Ampadu datang untuk menyelamatkan saat ia membelokkan tendangan Federico Chiesa ke belakang untuk mendapatkan tendangan sudut.

Nah pada menit ke- 39 Italia melalui Pessina mengarahkan tendangan bebas rendah Marco Verrati dengan tendangan voli indah di luar perkiraan Danny Ward dan masuk ke gawang Weles.

Pessina hampir menggandakan golnya hanya dua menit kemudian. Namun penyelesaian itu hanya beberapa inci melewati mistar gawang Wales, yang tampak putus asa hingga peluit babak pertama dibunyikan.

BACA JUGA:  Menanti Arsenal Dijegal Dalam 10 Pertandingannya

Di babak kedua Italia masih dominan dalam melakukan serangan. Namun kendati begitu tidak gol yang tercipta pada babak ini. Skor bertahan sampai peluit akhir 1-0.

Dengan kemenangan ini Italia berada di puncak klasemen. Dengan memperoleh sembilan poin. Sementara Wales dan Swiss berada di urutan dua dan tiga kendati sama-sama memiliki poin empat.

Turki yang digadang-gadangkan menjadikan kuda hitam pada kejuaraan ini melempen dasar klasemen. Tidak pernah menang dalam tiga pertandingan yang mereka jalani. Turki sudah dipastikan gugur pada babak ini.(maq)

BAGIKAN