Format Baru Playoff Antarbenua di Piala Dunia 2022

806
Portugal harus menjalani babak playoff bersama juara Eropa Italia di Piala Dunia. Foto: Getty

Bola, edisiana.com Pengundian untuk playoff antarbenua akan dilakukan pada 26 November 2021. Sementara pertandingannya baru akan digelar pada Juni tahun depan. Final Piala Dunia pun akhirnya tertunda sampai bulan Desember 2022. 

Pada pertandingan playoff antar benua ini FIFA mengubah format. Dengan pertandingan tunggal di tempat netral. Tidak lagi kandang dan tandang. Hal itu dilakukan lantaran pandemi COVID-19. 

Seperti dilansir ESPN pada Sabtu ini, FIFA menyebut hal itu untuk menghindari tim  memakan waktu panjang jika memakai leg kedua. Dan playoff antarbenua dalam format dua laga itu diperkenalkan pada Piala Dunia 1986.  Biasanya menuntut perjalanan jarak jauh.

BACA JUGA:  Ternyata Bukan Chelsea dan City, Klub Termahal Dunia, tapi Ini

Dan babak playoff antarbenua yang awqlnya bulan Maret 2022 dijadwal ulang akan digelar pada 13 dan 14 Juni tidak ditentukan siapa tuan rumahnya. Dan baru setelah itu empat tim akan diambil di Piala Dunia tahun depan di Qatar. 

Babak playoff akan melibatkan tim dari AFC (Asia), CONMEBOL (Amerika Selatan), OFC (Oceania) dan CONCACAF (wilayah Amerika Utara dan Karibia). 

BACA JUGA:  Madrid Menang Tipis Melawan Sociedad

Sementara untuk benua Eropa yang diikuti 12 negara babak playoffbakal dihelat pada 24-29 Maret 2022 dengan format satu pertandingan. Setiap duel bakal menjadi laga hidup mati untuk negara yang menjalani playoff. 

Sementara Asia dijadwalkan akan diputuskan dalam playoff regional hanya beberapa hari sebelum playoff antarbenua.

BACA JUGA:  Jurgen Klopp Dilirik Timnas Amerika

FIFA akan membuat undian turnamen Piala Dunia pada 1 April 2022 di Doha. Hanya 30 dari 32 kualifikasi yang akan diketahui pada nanti dengan playoff antarbenua masih akan berjalan.

Jadwal pertandingan lebih lambat dua bulan  dari yang diperkirakan. Piala Dunia dijadwalkan akan dimulai pada 21 November, dengan final pada 18 Desember 2022.(maq)

BAGIKAN