Serbet Kontrak Messi Terjual Rp1,5 Miliar

68
Kain serbet yang ditulis sebagai awal perjanjian kontrak Messi dengan Barcelona. Foto: via ESPN

edisiana.com – Rumah lelang Inggris Bonhams mengatakan serbet kontrak terkenal antara Lionel Messi dengan Barcelona terjual seharga £762.400 ($965.000) atau setara Rp1,5 miliar pada Jumat kemarin.

Serbet itu merupakan kesepakatan prinsip untuk mengontrak Messi yang saat itu berusia 13 tahun. Yang hanya tertulis di serbet hampir 25 tahun yang lalu di sebuah klub tenis Barcelona. Kontrak yang lebih formal dan rinci dengan klub menyusul.

BACA JUGA:  Borneo Hajar Bali United 4-2

Dalam lelang yang dilakukan kemarin,  persentase harga jual yang dirahasiakan membayar biaya administrasi lelang online, yang disebut premi pembeli.

Melansir ESPN, Bonhams mengatakan lelang tersebut atas nama Horacio Gaggioli, agen dari negara asal Messi, Argentina, yang menjadi bagian dari kesepakatan tersebut.

Bahasa kontrak yang ditulis dengan tinta biru itu dimaksudkan untuk meyakinkan ayah remaja tersebut, Jorge Messi, bahwa kesepakatan akan tercapai.

BACA JUGA:  Gagal Merayu Caicedo, Chelsea Melirik Paredes

Serbet tersebut, berisi tanggal 14 Desember 2000, memuat tanda tangan Gaggioli, agen lainnya, Josep Maria Minguella dan direktur olahraga Barca saat itu, Carles Rexach, yang bertemu di sebuah klub tenis.

Kemudian Rexach meminta kertas kepada pelayan klub tenis tersebut dan diberi serbet kosong.

Pada awal lelang, harga awalnya adalah £300.000 ($379.000). Tapi akhirnya mencapai £762.400 ($965.000).

Messi menghabiskan hampir dua dekade bersama Barca. Dia tiba di Catalan dari Argentina pada usia 13 tahun dan bermain di tim yunior klub.

BACA JUGA:  STY Kena Kartu Merah, Indonesia Gagal Ambil Tiket ke Olimpiade

Dia melakukan debut tim utama pada tahun 2004 dan bermain 17 musim bersama klub. Messi membantu Barca memenangkan setiap trofi utama, termasuk empat Liga Champions dan 10 gelar LaLiga .

Messi meninggalkan Barca ke Paris Saint-Germain pada musim panas 2021. Sejak itu ia bergabung dengan Inter Miami.(maq)

BAGIKAN