Dari Bandara Hasanuddin, Wings Air Terbang ke 52 Kota Lainnya

946

Batam, edisiana.com – Palu tujuan Makassar, merupakan rute terbaru Wings Air. Bulan lalu, Wings Air telah membuka juga rute Makassar – Tana Toraja – Makassar.

Menurut Humas Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, bagi Wings Air untuk operasional di Pulau Sulawesi, Palu adalah kota ke-10 (sepuluh) berjadwal yang dilayani dari bandar udara berkode UPG setelah Selayar (KSR), Mamuju (MJU), Palopo (LLO); Bau-Bau (BUW), Kolaka (PUM), Morowali (MOH), Poso (PSJ), Raha (RAQ) dan Tana Toraja (TRT). Sedangkan dari PLW, Makassar menjadi destinasi Wings Air ke-6 (keenam) setelah Buol (UOL), Gorontalo (GTO), Luwuk (LUW), Morowali (MOH) dan Toli-Toli (TLI).

Berada di posisi strategis dan sebagai penghubung utama khususnya di Indonesia bagian Timur.

BACA JUGA:  Rute Baru Keluar Negeri Untungkan UMKM dan Ajang Promosi Batam

Wings Air, kata Danang, menyediakan pilihan penumpang dari Palu untuk koneksi penerbangan lebih banyak lagi (saling terhubung) melalui Bandar Udara Sultan Hasanuddin ke 52 kota lain.

Yakni tujuan ke Batulicin, Bau-Bau, Bima, Luwuk, Mamuju, Poso, Raha, Selayar, Wangi-Wangi, Kupang, Alor, Maumere, Tambolaka, Waingapu, Rote, Ambon, Saumlaki, Tual, Balikpapan, Samarinda, Berau, Palangkaraya, Pontianak, Ketapang, Pangkalan Bun, Banjarmasin, Denpasar, Gorontalo, Jayapura, Kendari, Merauke, Sorong, Manokwari, Ternate, Manado, Lombok, Tarakan.

Untuk bagian barat, Yogyakarta Kulonprogo, Tanjung Karang-Lampung, Pangkalpinang, Palembang, Bengkulu, Jambi, Padang, Pekanbaru, Batam, Tanjung Pinang, Medan, Silangit, Gunung Sitoli, Meulaboh, Banda Aceh.

Wings Air mengoperasikan armada tipe ATR 72-600 atau ATR 72-500. Penerbangan juga semakin berkesan, bisa melihat pemandangan luar yang akan memanjakan mata karena pesawat mampu terbang dengan rendah.

BACA JUGA:  Singapura Butuh 3,6 Juta Ekor Ayam Per Bulan

Selain itu, interior pesawat didesain modern dan futuristik, sehingga bisa lebih santai saat berada di kabin. “Keunggulannya, setiap tamu atau penumpang akan merasakan atau menikmati konfigurasi kursi 2-2, dapat bersantai ketika di kabin, bisa bekerja atau hanya sekadar menikmati pemandangan memukau dari ketinggian,” papar Danang.

Pesawat berkapasitas 72 kursi kelas ekonomi, dinilai paling nyaman dan canggih di kelasnya yang mampu menerbangi rute jarak pendek. Wings Air optimis, pengoperasian pesawat tersebut dapat menggugah minat traveling, akan menambah pengalaman terbang setiap penumpang dengan sensasi tersendiri menggunakan pesawat turboprop atau baling-baling.

BACA JUGA:  Kepala BP Batam Optimis Pertumbuhan Ekonomi Capai Tujuh Persen

Pada masa pandemi ini, Wings Air memaksimalkan berbagai langkah guna pencegahan penyebaran Covid-19. 

Antara lain mengatur proses masuk dan keluar penumpang dari pesawat udara secara berurutan guna meminimalkan kepadatan. Pada pesawat ATR, naik dan turun dari pintu bagian belakang.

Hal ini akan meminimalsir interaksi bertatapan langsung (face to-face) antara penumpang. Area dapur (galley) yang terletak di bagian belakang juga meminimalkan interaksi tatap muka antara penumpang dan awak kabin.

Untuk menjaga kesehatan dan keselamatan penerbangan, Wings Air juga telah meningkatkan fase sterilisasi seluruh armada. Proses pembersihan pesawat dilakukan oleh tim teknisi dan aircraft interior exterior cleaning (AIEC), meliputi Aircraft Interior Cleaning (membersihkan bagian dalam pesawat) dan Aircraft Exterior Cleaning (membersihkan bagian luar pesawat).(maq)

BAGIKAN