Gubernur Riau: Nanti Kita Atur, Mana Boleh Sekolah, Mana yang Belum

742
Gubernur Riau, Syamsuar..

Riau, edisiana.com – Sejumlah kabupaten dan termasuk Kota Pekanbaru telah keluar dari zona merah dari status pandemi Covid-19. Hanya tinggal satu zona merah di Provinsi Riau, yakni Bengkalis.

Mengingat itu, sudah berada di zona oren dan kuning, ada wacana untuk pelajar masuk sekolah lagi. Baik tingkat sekolah dasar, menengah, dan atas di Provinsi Riau.

BACA JUGA:  14.235 Pasien Covid-19 Sembuh, 1.958 Orang Jalani Isolasi

Menanggapi hal itu, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengatakan, kendati saat ini tinggal satu daerah di Riau yang berstatus zona merah, namun pihaknya masih akan mempertimbangkan lagi untuk membuka sekolah.

Terutamanya sekolah tingkat SMA sederajat yang menjadi kewenangan pemerintah provinsi Riau. “Nanti kita atur lah, mana sekolah yang sudah boleh buka mana yang belum,” ujar orang nomor satu di Pemerintah Provinsi Riau itu seperti dilansir mediacenter.riau.go.id pada Jumat kemarin.

BACA JUGA:  4 Check Point di Riau: Stop! Suhu Badan di Atas 37 Derajat

Menurut mantan Bupati Siak ini, pihaknya akan membicarakan lagi bersama dengan pemerintah, baik Kabupaten maupun kota. “Karena kalau untuk tingkat SD dan SMP kan kewenangan pemerintah kabupaten dan kota,” singkatnya.

Sementara itu, Ahli epidemiologi Riau, dr Wildan Asfan Hasibuan menyarankan pemerintah kabupaten Bengkalis untuk menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM).

BACA JUGA:  Wisata Palangka Raya Mulai Menggeliat, Optimis Bangkit Lagi

Dengan begitu, aktivitas masyarakat dapat dikontrol sehingga diharapkan penyebaran Covid-19 juga dapat diminimalisir. “Saran kami bagi daerah yang masih zona merah yakni Bengkalis, segera untuk melakukan PSBM. Khususnya di tiga kecamatan yang tinggi kasusnya yakni Batin Solapan, Mandau dan Pinggir,” katanya.(maq)

BAGIKAN