Ternyata Bukan Chelsea dan City, Klub Termahal Dunia, tapi Ini

86
Hojlund merupakan pembelian pemain termahal United pada musim ini. Foto: Getty via Daylimail

edisiana.com – CIES Football Observatory telah mengungkap klub termahal dunia. Bukan Chelsea atau pun Manchester City. Tapi Manchester United dengan skuadnya £989.

Dirilis CIES pada hari Rabu, menunjukkan United telah menghabiskan €1,15 miliar (£989) untuk skuad mereka saat ini. Dengan hanya di bawah £400 juta yang dikeluarkan untuk biaya transfer sejak Erik Ten Hag mengambil alih pada Mei tahun lalu. Angka-angka yang dihitung oleh CIES sudah termasuk biaya tambahan, terlepas dari pembayaran efektifnya. 

Manajer asal Belanda itu telah merekrut Casemiro, Lisandro Martinez dan Tyrell Malacia pada musim panas pertamanya di Old Trafford. Total pengeluarannya lebih dari £120 juta. 

Kemudian disusul Antony dengan nilai transfer £85 juta yang menjadikan pemain termahal ketiga dalam sejarah United semasa Paul Pogba dan Romelu Lukaku.

Musim panas ini, Setan Merah juga telah membeli Rasmus Hojlund dengan harga £72 juta dan telah mengontrak Mason Mount dari Chelsea dalam kesepakatan senilai hingga £60 juta. Kemudian Andre Onana £47 juta yang dibeli dari Inter Milan.

Chelsea berada di bawah United. Skuad The Blues menghabiskan £975 juta untuk membeli pemain sejak Todd Boehly dan Clearlake Capital mengambil alih dari Roman Abramovich 18 bulan lalu.

Bulan lalu, Chelsea mengontrak Moises Cecaido dalam kesepakatan senilai £115 juta. Sekaligus memecahkan rekor kedatangan Enzo Fernandez yang hanya £105 juta.

Lantas Manchester City melengkapi posisi tiga besar. The Sky Blue telah mengeluarkan anggaran £900 juta untuk mengisi skuad.

BACA JUGA:  Striker Kansas Tanduk Pemain Cincinnati

Cuma seperempat dari jumlah tersebut yang diinvestasikan pada empat pemain baru musim panas tahun ini. Yakni Josko Gvardiol, Matheus Nunes, Jeremy Doku dan Mateo Kovacic.

Secara signifikan, City mendapatkan keuntungan yang jauh lebih baik atas investasi mereka, yang telah menghasilkan tiga gelar Premier League berturut-turut dan treble bersejarah pada musim lalu.

Paris Saint-Germain adalah satu-satunya tim non-Premier League yang masuk lima besar. Skuad juara Ligue 1 ini bernilai gabungan sebesar £860 juta, namun tim Paris telah menghabiskan lebih banyak uang untuk lini serang dengan nilai £480 juta.(maq)

BACA JUGA:  Ronaldo Mencari Klub Baru
BAGIKAN