BP Batam Rencanakan Air Laut Jadi Air Baku

1026

Batam, edisiana.com – Badan Pengusahaan (BP) Batam tengah membuat program-program untuk memenuhi kebutuhan air yang terus meningkat di kota industri ini. Bahkan BP Batam merencanakan mengelola air laut menjadi air baku.

“BP Batam telah menyiapkan program dan akan melakukan kerja sama dengan berbagai pihak, dan rencananya untuk ke depan kita dapat mengelola air laut menjadi air baku,” kata Pelaksana Harian (Plh) Kepala BP Batam, Purwiyanto.

BACA JUGA:  Penumpang di Hang Nadim Dihimbau Datang Dua Jam Sebelum Terbang

Bagian program yang telah progres itu adalah waduk Tembesi. Purwiyanto langsung melihat progres proyek pipa transmisi dari Waduk Tembesi menuju ke Waduk Muka Kuning, pada Sabtu, 10 Oktober 2020.

Peninjauan ini didampingi oleh Anggota Bidang Pengusahaan, Syahril Japarin, Direktur Badan Usaha Fasilitas dan Lingkungan (BU Fasling) BP Batam, Binsar Tambunan, dan sejumlah pejabat tingkat III dan IV BP Batam.

BACA JUGA:  Jalan Rusak Parah, Presiden Direktur Kawasan Kabil Curhat, Takut Tenan Kehilangan Proyek

Dalam kunjungan tersebut telah dilakukan uji coba operasional stasiun pompa air intake untuk mengalirkan air baku dari Waduk Tembesi ke Waduk Muka Kuning.

Menurut Purwiyanto, kunjungan ini untuk meninjau proyek pipa transmisi yang akan mengalirkan air dari Waduk Tembesi ke Waduk Muka Kuning.

BACA JUGA:  Punya Potensi Wisata, Pulau Ngenang Jadi Tempat Industri Tenun dan Batik

“Proyek ini bertujuan untuk mengatasi kemungkinan kekurangan air baku di Waduk Muka Kuning. Pengadaan atau pemasangan jaringan pipa dn. 700 mm (3,6 Km). Saya memastikan proyek ini berjalan dengan lancar dan baik,” tambah Purwiyanto.(maq)

BAGIKAN