Sah, Haaland Dikontrak Lima Tahun di Etihad

321
Erling Haaland. Foto: Getty

Bola, edisiana.comErling Haaland telah sah menjadi pemain Manchester City. Striker yang dibeli dari  Borussia Dortmund dikontrak selama lima tahun dì Etihad.  

Menurut sumber ESPN, klausul pelepasan pemain adalah € 60 juta dan Haaland akan meneken kontrak lima tahun di Stadion Etihad.

Sumber itu juga mengatakan, pemain 21 akan dibayar dengan gaji besar. Akan melebihi upah Kevin De Bruyne sekitar 375.000 poundsterling per minggu. 

“Manchester City dapat mengonfirmasi bahwa kami telah mencapai kesepakatan prinsip dengan Borussia Dortmund untuk transfer striker Erling Haaland ke klub pada 1 Juli 2022,” kata Manchester City dalam permyataanya pada hari ini. 

BACA JUGA:  Arteta Menyulap Arsenal, dari Tim Berantakan Jadi Memikat

“Transfer tetap tunduk pada persyaratan finalisasi klub dengan pemain,” imbuh dalam pernyataan klub.  

Dortmund mengatakan setelah transfer berjalan, klub mengharapkan efek positif pada angka pendapatan utama untuk tahun keuangan 2022-2023 di kisaran € 35-40 juta.

Kedatangan Haaland akan melengkapi pengejaran Pep Guardiola terhadap seorang striker setelah gagal dalam upaya untuk mendaratkan penyerang Tottenham Hotspur Harry Kane musim panas lalu.

BACA JUGA:  Walker Lagi Retak Sama City, Bayern Berencana Membelinya

Pemain timnas Norwegia telah menjadi salah satu pemain muda yang paling dicari di dunia. City telah berjuang melawan persaingan dari Real Madrid dan Bayern Munich untuk mengontraknya.

Haaland bergabung dengan Dortmund dari Red Bull Salzburg pada Januari 2020 dan musim lalu mencetak 41 gol dalam 41 pertandingan. 

Bersama timnas Norwegia, dia telah mencetak 15 gol dalam 17 pertandingan setelah melakukan debutnya pada 2019. Dia telah mencetak 36 gol dalam 34 penampilan untuk klub dan negara musim ini.

BACA JUGA:  PSG Versus Barca, Sama-sama DNA La Masia

Pep Guardiola sebelumnya mengisyaratkan bahwa City mendekati kesepakatan untuk menandatangani striker.

Kesepakatan itu berarti Haaland akan bermain untuk klub yang diwakili ayahnya, Alfie, antara tahun 2000 dan 2003. 

Sumber mengatakan kepada ESPN bahwa Alfie Haaland memainkan peran kunci dalam negosiasi dengan City.  Negosiasi sempat terhenti lantaran agennya, Mino Raiola, sedang tidak sehat. Raiola, yang juga mewakili Paul Pogba dan Zlatan Ibrahimovic , meninggal pada usia 54 bulan lalu.(maq)

BAGIKAN