Video Spesial 3D di Kamera iPhone 16

23
Gambarab iPhone 16 terbaru. Foto: via Daylimail

edisiana.com – Apple dikabarkan akan melakukan perubahan besar pada kamera iPhone 16, menandai desain ulang pertama sejak 2013.

Pembocor dari industri berbagi foto dari smartphone yang akan datang. Yang menunjukkan sistem kamera berbentuk pil yang lebih ramping yang mampu menangkap ‘video spasial’ 3D untuk diputar ulang pada  headset Vision Pro VR Apple .

Perubahan ini akan sangat jauh dari  tata letak iPhone saat ini yang menampilkan desain kamera diagonal yang kikuk. Meskipun Apple belum mengungkapkan detail apa pun tentang ponsel cerdasnya yang akan datang.

Dan, bocoran baru mengungkapkan pengaturan dua kamera dengan satu kamera dikhususkan untuk bidang pandang Lebar dan Ultralebar. Namun, dugaan demo dari dua model Pro iPhone 16 menunjukkan bahwa perangkat tersebut masih hadir dengan susunan kamera segitiga untuk kualitas 3D yang lebih tinggi.

Hingga saat ini, hanya iPhone 15 Pro yang memiliki kapasitas untuk merekam ‘video spasial’ 3D yang luar biasa dan imersif untuk ditonton di headset Vision Pro.  

BACA JUGA:  Austin Investasi Senilai Rp63,3 M

Menurut Daylimail, selama berbulan-bulan, orang dalam industri telah melaporkan bahwa Apple akan membuat beberapa perubahan signifikan pada sistem kamera untuk iPhone 16 mendatang.

Sebuah tombol baru yang muncul di samping prototipe casing iPhone baru. Yang dilaporkan sebagai  tombol ‘tangkap’ baru untuk memanggil kamera lebih cepat dari layar kunci perangkat, misalnya. 

Dan sekarang, sebuah laporan oleh Tom’s Guide telah penyelarasan pil baru pada dugaan ponsel entry-level iPhone 16. Kamera yang ditumpuk secara vertikal pada iPhone 16 dan 16 Plus ini akan menjadi perubahan besar pertama.

Dalam penyelarasan sejak lensa yang disejajarkan secara diagonal pertama kali diperkenalkan dengan debut iPhone 13 pada September 2021.

Penyelarasan baru, menurut laporan ini, akan memungkinkan ponsel menangkap rekaman dari kamera utama dan kamera ultrawide secara bersamaan. 

BACA JUGA:  Cash Back Honda Forza Sampai Rp11 Juta

Sintesis kedua umpan video tersebut akan memungkinkan bahkan iPhone 16 dan iPhone 16 Plus kelas bawah untuk membuat video dengan kesan mendalam yang menciptakan ilusi menonton pemandangan kehidupan nyata yang terungkap tepat di depan mata Anda.

“Video spasial mungkin akan ditambahkan,” salah satu sumber Apple yang produktif, yang dikenal dengan Majin Bu  di X, menyetujuinya. Bu memposting skema dan prototipe yang diduga sebagai iPhone 16.

Namun dua model Pro iPhone 16 juga akan memiliki tambahan unik untuk meningkatkan kapasitasnya dalam menghasilkan video spasial yang imersif.

Semua model, mulai dari iPhone 16 hingga iPhone 16 Pro Max, akan hadir dengan sudut ultra lebar baru 48 megapiksel yang diklaim lebih baik untuk merekam video spasial.

Namun iPhone 16 Pro dan Pro Max akan memiliki lensa telefoto 5x dan sensor kamera yang ditingkatkan untuk menambah kapasitas tersebut, yang dapat membantu perangkat mengambil video spasial yang lebih detail dan bahkan mungkin video spasial dari jarak jauh.  

BACA JUGA:  BP Batam dan BIG Kolaborasi Pengolalaan Data Geospasial

Majin Bu  juga melaporkan  bahwa kamera ponsel baru ini akan hadir dengan lapisan lensa anti-silau yang didesain ulang. Yang diterapkan dengan teknik ‘deposisi lapisan atom’ (ALD) yang tepat – yang akan memperbaiki ‘masalah ghosting yang sudah lama ada’ pada iPhone kamera.

‘Ghosting’ adalah jenis artefak kamera, mirip dengan suar lensa, di mana gambar sekunder atau duplikat tampak samar-samar, paling sering muncul di sisi berlawanan dari cahaya terang.

Fenomena tersebut terjadi ketika cahaya memantul antara dua permukaan lensa kamera dan sensornya.

Jadi, publik baru akan mengetahui secara pasti apakah gambar-gambar tersebut benar adanya ketika Apple resmi meluncurkan jajaran iPhone barunya akhir tahun ini.(maq)

BAGIKAN