CIES Keluarkan Daftar Harga Pemain Bola: Messi Urutan 97 dan Ronaldo di Posisi 131

814
Messi dan Ronaldo menghardiri acara penghargaan Ballon d’Or.

Bola, edisiana.comLembaga Studi Sepak Bola, CIES Football Observatory mengeluarkan daftar harga pemain termahal di dunia. Dua megabintang bola Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo masing-masing hanya berada di urutan ke-97 dan 131. Superstar Barcelona itu memiliki nilai jual hanya 48,8 juta pound dan Cristiano Ronaldo dengan harga bandrol 42,5 juta pound.

Menurut Lembaga Studi Sepak Bola, CIES Football Observatory terbaru, perhitungannya banyak faktor. Seperti performa, usia dan panjang kontrak, serta klub dan negara yang diwakili untuk menentukan nilai individu.

BACA JUGA:  Rooney Pilih Pochettino Menjadi Manajer United

Alasan nilai Messi cuma sebesar 48,8 juta pound adalah karena kontraknya di Barcelona berakhir pada akhir musim. Artinya nilai pemain berusia 33 tahun saat ini hampir seluruhnya didasarkan pada kualitasnya saja.

Sedangkan bagi Ronaldo, penilaiannya sebesar 42,5 juta pound karena fakta bahwa dia berusia 35 tahun. Dan peluang dijual ya lebih kecil, meskipun dia terus mencetak gol.

CIES Football Observatory merilis seperti disebutkan The Sun, penyerang Manchester United Marcus Rashford berada di puncak dengan pendapatan 150 juta poundsterling.

BACA JUGA:  McAtee, Gelandang Masa Depan City

Ia mengalahkan Erling Haaland dan Trent Alexander-Arnold. Bruno Fernandes, Kylian Mbappe dan Jadon Sancho juga memiliki kekayaan lebih dari 130 juta pound.

Hasil survei itu menerangkan United merupakan klub menyumbang terbanyak pemain mahal daripada klub lain. Dan Barcelona di urutan kedua dengan sembilan pemain.

Selain Rashford, ada Fernandes, Mason Greenwood, Anthony Martial, Aaron Wan-Bissaka, Donny van de Beek, James, Harry Maguire, Scott McTominay dan Victor Lindelof. Welshman James diperkirakan dihargai 55 juta poundsterling dan menempati di urutan ke-75.

BACA JUGA:  Abaikan Laga Premier, Ten Hag Fokus Jegal City di Final FA

Pemain dengan peringkat tinggi lainnya mantan tim Ronaldo Real Madrid adalah Federico Valverde ke-50 dengan harga 67 juta pound. Lantas Rodrygo, Vinicius Jr dan Casemiro juga masuk ke dalam 100 besar.

Tetapi anehnya tak ada Neymar atau Paul Pogba dalam daftar itu. Kendati transfer terbaru pasangan itu menelan biaya rekor dunia 198 juta pound dan rekor Inggris 89 juta pound.(maq)

BAGIKAN