Menko Ajak Dubes AS dan Kanada Lihat Potensi Investasi di Batam

321
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto foto bersama di Nongsa, Batam. Foto: Humas

Batam, edisiana.comMenko Perekonomian Airlangga Hartarto membawa Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Sung Y. Kim dan Duta Besar Kanada untuk Indonesia Nadia Burger ke Batam. 

Menko Perekonomian mengatakan kunjungannya ke Batam dengan membawa serta para Dubes pada Jumat, 4 November guna mempromosikan potensi dan kapasitas KEK di Indonesia yang siap menerima investasi AS dan Canada. Salah satu unggulan yang didorong oleh pihaknya adalah Batam. 

Menurutnya, Batam merupakan kawasan khusus (KPBPB) dan lebih berpotensi menarik investor dan mengembangkan digital talent. 

BACA JUGA:  Honda Beri Kejutan, Ini Promo November Wow

Mengingat telah tersedianya studio animasi dan studio alam di Kawasan Nongsa Digital Park seperti halnya studio film di Vancouver Kanada. 

Menko Airlangga mengajak Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Sung Y. Kim untuk meninjau langsung kesiapan KEK di Batam. 

Dalam showcase itu Indonesia siap menerima investasi untuk berbagai usulan proyek yang telah dibahas pada kunjungan kerja di Washington DC dan mewujudkan komitmen Pemerintah AS terkait alokasi dana program CHIPS.  

Hal ini merupakan tindaklanjut dari rangkaian Pertemuan Tingkat Menteri (PTM) IPEF tanggal 8-9 September 2022. Airlangga yang juga Ketua Dewan Kawasan KPBPB Batam dan Menteri Perindustrian telah melakukan pertemuan bilateral dengan Gina Raimondo, US Secretary of Commerce. 

BACA JUGA:  Stok Sembako Aman, Harga Cabai Rp50 Ribu per Kilogram

Salah satunya membahas Program CHIPS Pemerintah AS yang menyediakan dana Federal sebesar USD 50 Miliar untuk membangun industri semikonduktor. 

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi mengatakan kunjungan ini merupakan dukungan berharga dari pemerintah Indonesia untuk investasi Batam. Khususnya di Kawasan Ekonomi Khusus Nongsa Digital Park dan Kawasan Ekonomi Khusus Batam Aero Technic.

BACA JUGA:  Pemko Batam Raih Nilai MCP Tertinggi se-Kepri

“Kami tentu sangat berterima kasih atas perhatian Bapak Menko, yang membawa dua Duta Besar ke Batam dan KEK kita. Nongsa Digital Park memiliki Hub data center terbesar di Indonesia, disebut sebagai digital bridge dan menjadi Proyek Strategis Nasional. Kita harapkan tentu dengan kunjungan langsung kedua Dubes, dapat menarik koleganya para investor untuk datang dan menanamkan modalnya di KEK kita,” tutur Rudi yang juga menjabat Wali Kota Batam.(maq)

BAGIKAN