Syurga Snorkeling, Pulau Abang Dipromosikan di Empat Kota

1153

Batam, edisiana.com – Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) mempromosikan destinasi pulau-pulau di sekitaran Batam. Termasuk Pulau Abang dipromosikan di empat kota. Yakni Bandung, Jakarta, Yogjakarta, dan Menado.

“Pulau Abang surganya snorkeling, terdapat blue coral yang indah,” kata Kadisbudpar Kota Batam, Ardiwinata seperti dilansir mediacenter. batam.go.id pada Jumat, 6 November 2020.

Di pameran Cihampelas Walk, Bandung, Ardi juga promosikan seperti Pulau Penawar Rindu Belakang Padang, Pulau Putri dan sebagainya. “Kita patut berbangga kita mempunya pulau yang indah, ada pulau Putri yakni pulau terluar Indonesia berdekatan dengan Singapura, ada Belakang Padang yang terkenal dengan wisata kulinernya,” terangnya.

BACA JUGA:  Komunitas Sepeda Hijaukan Kawasan Senjulung

Menurut Ardi, stan Disparbud Batam menyedot perhatian pengunjung. Terutama kaum milineal. Mereka tertarik dengan indahnya Pulau-pulau di sekitar Batam terutama Pulau Abang.

Pulau ini berada di Kecamatan Galang. Untuk bisa sampai ke Pulau Abang, harus menempuh perjalanan hingga sampai ke jembatan enam Balerang.  Yang memakan waktu 2 jam.

Setelah itu, baru menyeberang ke pulau Abang selama kurang lebih sekitar 30 menit dengan menggunakan kapal pompong. Pulau ini hanya memiliki luas sekitar 2 x 5 km. Tapi mempunyai daya tarik luar biasa.

BACA JUGA:  Tarif Bongkar Muat Peti Kemas di Batam Jadi Rp 603.000 Per Boks

Adalah kegiatan snorkeling dan terdapat Blue Coral yang langka dan unik. Blue Coral di Indonesia satu-satunya ada di Pulau Abang. “Pulau Abang dijadikan kawasan strategi pariwisata nasional tahun 2014. Karena Pulau Abang mempunyai sebanyak ratusan spesies terumbu karang serta satu-satunya daerah yang kaya ikan nemo,” papar pengelola Destinasi Wisata Pulau Abang, Ledi Seman.

Selain itu, karakter sport diving landai sehingga memudahkan para penyelam khusus pemula untuk menyelam. Peralatan menyelam yang digunakan full face sehingga dapat memudahkan pemula menyelam.“Para penyelam melihat terumbu karang yang indah air lautnya sangat jernih,” katanya.

BACA JUGA:  Pelebaran Jalan di Batam Dimulai

Pulau Abang juga memiliki pantai yang bersih. Berpasir putih dan belum terkontaminasi oleh limbah laut. Selama tahun 2019 tercatat 2.000 wisatawan mancanegara yang berkunjung. Di antaranya dari negara Singapura, Malaysia, Korea, Jepang, Cina, Eropa. Untuk wisatawan lokal dari Pulau Sumatera dan Jawa.

Pemerintah Kota Batam juga mempromosikan Pulau Abang di Jakarta, Yogyakarta dan Manado. Di masa pandemi ini Pulau Abang juga mengedepankan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.(maq)

BAGIKAN