Kepala BP Batam Optimis Pariwisata dan Industri Bangkit, Ekonomi Menggeliat Lagi

438
Menteri Kedua Luar Negeri, Dr. Mohammad Maliki Bin Osman dan Kepala BP Batam Muhammad Rudi. Foto: Humas

Batam, edisiana.comKepala BP Batam, Muhammad Rudi optimis dengan dibukanya pintu Singapura-Batam pada Jumat kemarin akan membangkitkan kembali perekonomian Batam.

Mulai 1 April 2022, semua wisatawan yang sudah divaksinasi lengkap dapat menikmati perjalanan bebas karantina ke Singapura, dengan cukup melakukan tes antigen saja sebelum keberangkatan.

“Langkah Singapura untuk membuka kembali pintu wisatawan (melalui jalur Vaccinated Travel Framework) akan memberikan dorongan dalam membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi Batam pasca pandemi Covid-19,” kata Muhammad Rudi dalam pertemuan dengan Menteri Perdagangan dan Perindustrian Singapura Dr. Tan See Long pada Jumat kemarin 

BACA JUGA:  Investasi PMA di Batam Naik 112,8 Persen dan Jumlah Proyek Jadi 537

Kebijakan ini, menurutnya sekaligus menjadi nyawa baru dalam hubungan bisnis kedua wilayah yang sempet terkendala selama masa pandemi Covid-19 melanda.

Kepala BP Batam kemudian melanjutkan lawatan dan bertatap muka dengan Menteri Kedua Luar Negeri, Dr. Mohammad Maliki Bin Osman.

Dalam pembicaraan kedua tokoh ini, diskusi menguat pada kondisi Batam dengan terkendalinya pendemi covid sehingga dibarengi meroketnya capaian ekonomi Batam, progres pembangunan yang merata serta pembahasan pembukaan border antara Singapura – Batam yang dimulai pada Jumat kemarin.

BACA JUGA:  Pakai Aplikasi IBOSS Ngurus Izin SPKBM Lebih Cepat, dan Murah

Keduanya meyakini, bahwa terbukanya pintu Singapura – Batam bagi wisatawan dan perjalanan bisnis, akan membuka peluang seluasnya bagi geliat ekonomi kedua wilayah.

Singapura masih menjadi negara dengan jumlah investasi terbesar di Batam, disusul negara asal Eropa dan Jepang. 

Berdasarkan Data Kementerian Investasi / BKPM RI menyatakan, sepanjang Triwulan I – Triwulan IV Tahun 2021, Singapura mencatatkan total investasi 167.865,9 Ribu US Dolar, dengan total proyek 1.019.

BACA JUGA:  Rusia Bidik Batam sebagai Ladang Investasi

“Dengan dibukanya jalur Singapura – Batam, kita optimis, semua sektor akan kembali bangkit, dari pariwisata hingga industri. Perekonomian diharapkan akan terus meningkat. Investasi akan semakin menggeliat,” ucap Rudi optimis.(maq)

BAGIKAN