Tingkat Penyebaran Virus Corona, Pekanbaru Kalahkan Surabaya

482

Riau, edisiana.com – Pandemi Covid-19 di Pekanbaru, Riau tinggi. Bahkan mengalahkan Kota Surabaya, Jawa Timur. Karena itu, Pemerintah Kota (Pemko) melakukan pengubahan strategi dalam menangani penyebaran virus corona ini.

Wali Kota Pekanbaru Dr Firdaus MT mengatakan, Pemko Pekanbaru telah mengintensifkan sosialisasi perilaku hidup baru (PHB) kepada masyarakat. Dan kebijakan PHB diberlakukan sejak 15 Oktober 2020.

BACA JUGA:  Pemprov Riau Berupaya Berikan Layanan Satu Pintu

Menurut Firdaus, masyarakat Pekanbaru harus paham bahwa virus corona ini nyata, berbahaya, dan dapat membunuh.

“Penyebaran virus corona di Pekanbaru tinggi. Bahkan, Pekanbaru telah mengalahkan Surabaya dan salah satu kota di Provinsi DKI Jakarta,” kata Firdaus, seperti dikutip mediacenter.riau.go.id pada Kamis, 29 Oktober 2020.

Sesuai arahan pemerintah pusat dan Pemprov Riau, pencegahan penyebaran virus corona dilakukan di hulu. “Jadi pencegahan penularan virus corona ini tidak lagi di hilir. Kalau menyelesaikan persoalan dari hilir seperti pelayanan di fasilitas kesehatan dan lainnya, maka kami akan capek sendiri,” papap Firdaus. 

BACA JUGA:  Faskes Covid-19 Lion Air Pindah ke Klinik Khatulistiwa

Strateginya, kata dia, diubah menjadi penanganan di hulu. Seperti, melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat dengan perilaku hidup baru.

“Bagaimana menanamkan kepada masyarakat bahwa virus corona itu nyata dan tidak main-main. Virus corona itu berbahaya dan bisa membunuh,” tegasnya.

Namun, virus corona, tambahnya, bisa dicegah dan disembuhkan. Cara mencegahnya adalah dengan protokol kesehatan. “Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan. Ini wajib dilaksanakan dimana saja, termasuk di rumah tangga. Karena, klaster terbanyak saat ini adalah rumah tangga,” terangnya.(maq)

BACA JUGA:  182 Orang Tambahan Terpapar Covid Tersebar di 11 Kota/Kabupaten
BAGIKAN