Riau Tawarkan Tiga Pulau untuk Investasi Energi Terbarukan

857
Gubernur Riau, Syamsuar.

Nanti akan Diekspor ke Malaysia dan Singapura

Riau, edisiana.comGubernur Riau, Syamsuar mengatakan, Pemerintah Provinsi Riau diminta menyiapkan kabupaten untuk sumber energi terbarukan. Nantinya akan diekspor di Malaysia dan Singapura. 

“Menteri ESDM meminta kita mempersiapkan daerah-daerah yang memungkinkan tersedianya energi terbarukan, untuk ekspor ke Malaysia dan Singapura,” katanya seperti dilansir mediacenter.riau.go.id pada Rabu 28 Juli 2021. 

Gubernur Riau lalu mengusulkan beberapa daerah di Riau yang geografisnya berdekatan dengan  Malaysia dan Singapura. 

BACA JUGA:  Hore... Tol Pekanbaru-Dumai Masih Gratis Sampai 10 November

“Tadi kita usulkan ke pak Menteri, daerah yang dekat dengan Singapura itu Pulau Burung, Indragiri Hilir, lebih 113 Km dari Singapura. Jadi kita siap investasi itu di sana,” terangnya. 

Kemudian daerah yang dekat Malaysia, Syamsuar lalu menawarkan. ada tiga pulau di dekat Malaysia. Adalah pulau Rupat, pulau Bengkalis dan pulau Rangsang. 

BACA JUGA:  Sagu Meranti Cetak Rekor Muri

“Jadi dari tiga pulau itu mana yang akan dipilih, tentu yang lebih dekat dari Malaka nantinya,” terangnya.

Sebelum ini, BP Batam telah melakukan  kerjasama dengan Singapura dengan bidang energi yang sama. Dengan Sunseap Group yang merupakan perusahaan asal Singapura. Investasinya menelan anggaran mencapai 29 triliun.

Dalam MoU ini, diketahui bahwa Sunseap akan menyediakan layanan satu atap untuk solusi energi bersih, yang mencakup elemen-elemen seperti pendanaan, pengembangan, perancangan, teknik dan konstruksi tenaga surya dan pasokan listrik bersih.

BACA JUGA:  357 Napi Lapas Pekanbaru yang Terpapar Covid di Blok Khusus

Sunseap Group akan memasang panel surya di genangan waduk dengan cara mengambang (floating). Nantinya hasil energi tersebut akan diekspor ke Singapura dan sebagian untuk Batam. Ini akan menjadi salah satu yang terluas di Asia Tenggara dan pertama di Batam.(maq)

BAGIKAN