Prancis Kalah, Mbappe Gagal Cetak Gol Pinalti

662
Kylian Mbappe merasa menyesal usai tendangannya digagalkan kiper Swiss Yann dalam babak adu pinalti. Foto : PA

Swiss Bertemu Spanyol di Perempat Final

Bola, edisiana.com Swiss akhirnya mengandaskan juara dunia Prancis lewat adu pinalti. Di perempat final Xhaka dkk akan bertemu Spanyol yang juga menang 5-3 atas Kroasia pada dinihari tadi.

Swiss terakhir kali masuk ke perempat final turnamen besar Piala Dunia pada 1954. Yang diselenggarakan di Swiss.

Dan Swiss belum pernah lolos melalui pertandingan sistem gugur sejak Piala Dunia 1938.

Tapi Selasa, 29 Juni 2021 berbeda. Swiss masuk babak 16 besar di Piala Euro 2020. Setelah mengambil satu poin dari dua pertandingan pembukaan mereka.

BACA JUGA:  Barca Tinggalkan Madrid Delapan Poin

BBC melaporkan Manajer Vladimir Petkovic menulis surat terbuka di surat kabar Swiss meminta maaf kepada penggemar dan meminta mereka untuk mendukung tim melawan Turki. 

Mereka memenangkan pertandingan itu dan mencapai babak 16 besar sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik.

Dan anak asuh Petkovic awalnya memimpin di babak pertama melawan Prancis berkat sundulan Seferovic pada laga fase gugur. Seferovic mencetak gol berkat menerima umpan silang Zuber.

BACA JUGA:  Al Nassr Melaju ke Babak Penyisihan Grup Champions

Ini assist keempatnya di Euro 2020. Keunggulan ini yang pertama kalinya Swiss memimpin dalam pertandingan kompetitif melawan Prancis.

Sayang Swiss menyia-nyiakan peluang emas untuk unggul 2-0 ketika Zuber dijatuhkan oleh Benjamin Pavard di kotal penalti. Tendangan lemah Ricardo Rodriguez dapat diselamatkan dengan baik oleh Hugo Lloris.

Empat menit kemudian mereka tertinggal melalui dua gol Benzema. Lalu digandakan oleh satu gol Paul Pogba.

Tapi seperti yang dilakukan Kroasia melawan Spanyol pada hari sebelumnya, Swiss mencetak dua gol di 10 menit terakhir. Skor 3-3 menuntut wasit untuk memperpanjangan waktu.

BACA JUGA:  Kerjasama Diputus, Bekas Wakil Presiden Wasit Ancam Barca

Seferovic mencetak gol ketiganya di turnamen ini dan Gavranovic memanfaatkan umpan sempurna Granit Xhaka untuk mencetak gol pada menit ke-90.

Dalam adu pinalti Swiss berhasil mencatat lima gol. Sedangkan Prancis hanya empat gol, Karena Kylian Mbappe gagal mencetak gol.

Dengan kemenangan ini Swiss maju ke perempat final. Mereka akan bertemu Spanyol pada Jumat, 2 Juli 2021 di Rusia.(maq)

BAGIKAN