Bellingham Jadi Pemain Transfer Termahal, Haaland Kalah

43
Bellingham foto bersama dengan penggemar sebelum mendapatkan anugerah Laureus World. Foto: via ESPN

edisiana.com – Dengan tampil luar biasa bersama Real Madrid, Jude Bellingham dinobatkan sebagai pemain transfer di jagat sepak bola. Bintang Inggris itu mengalahkan superstar Manchester City, Erling Haaland.

CIES Football Observatory merilis gelandang Los Blancos itu memiliki nilai transfer lebih dari dua kali lipat, dengan perkiraan harga untuk bakatnya saat ini adalah £236 juta (€280 juta). 

Tapi Bellingham hanyalah satu dari tiga pemain Real Madrid yang masuk dalam 10 besar. Rekan satu timnya Vinicius Junior  dan Rodrygo keduanya masuk ke dalam lima pemain dengan nilai tertinggi menjelang final Eropa. 

BACA JUGA:  De Bruyne dan Foden, Pemain Terbaik Liga Premier

Sementara, Daylimail menyebutkan, Erling Haaland yang memenangkan Sepatu Emas berturut-turut, dengan nilai transfer tertinggi kedua, £217,2 juta. 

Rekan setimnya di Man City Phil Foden melengkapi lima besar, dengan perkiraan nilai £173,4 juta. Nilai itu naik setelah beberapa hari setelah dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Liga Premier Musim Ini dan Pemain Terbaik Asosiasi Penulis Sepak Bola Tahun Ini. 

Berikutnya, Bukayo Saka dari Arsenal, yang bernilai £166,1 juta. Rekan setim Saka, Martin Odegaard, juga masuk 10 besar, dengan perkiraan nilai £115,3 juta. 

Meskipun tim Inggris dan Spanyol terwakili dengan baik di 10 besar, pemain Bundesliga pertama yang tampil di peringkat tersebut adalah Florian Wirtz dari Bayer Leverkusen. 

BACA JUGA:  City Jumpa Tottenham di Wembley Final Piala Carabao

Prospek akademi tersebut kini diperkirakan bernilai £113,8 juta. Namun dalam peringkat 20 pemain teratas, Wirtz adalah satu dari tiga pemain yang saat ini tampil di Jerman, bersama dengan Jamal Musala dari Bayern Munich (£102 juta).

Kemudian ada pemain pinjaman Paris Saint-Germain Xavi Simons, yang telah bermain untuk RB Leipzig (£95 juta). 

Dari liga-liga top Eropa, Serie A dan Ligue 1 memiliki lebih sedikit pemain yang berada di posisi teratas. Dengan pemain dengan nilai tertinggi di kasta tertinggi Prancis – remaja berbakat PSG Warren Zaire-Emery, diperkirakan bernilai £91 juta – hanya tampil di posisi ke-21. 

BACA JUGA:  De Bruyne: Ini Memalukan! Harusnya Kami Menang

Penampilan liga Italia bahkan kurang mengesankan, dengan prospek dengan rating tertinggi, penyerang AC Milan Rafael Leao. Dan pemain paling berharga ke-31 di dunia sepakbola, dengan harga £85 juta. 

Sebagian besar pemain papan atas klasemen didominasi oleh pemain yang tampil di klub-klub Eropa. Yakni pemain Palmerias Endrick, bernilai sekitar £78,2 juta yang sudah dialokasikan untuk kompetisi UEFA musim depan.(maq)

BAGIKAN