Analisis Kementerian PAN-RB Jadi Narasumber Bimtek BP Batam

523
Kegiatan Bimtek di BP Batam menghadirkan analisis dari Kementerian PAN-RB melalui virtual. Foto : Humas BP Batam

Batam, edisiana.com Kepala Biro SDM dan Organisasi BP Batam, Lilik Lujayanti, mengatakan, kegiatan penyusunan peta proses bisnis ini bertujuan agar instansi pemerintah mampu melaksanakan tugas dan fungsi secara efektif dan efisien, guna mencapai visi dan misi organisasi.

Hal ini kata dia, sesuai dengan amanat Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 19 Tahun 2018 Tentang Penyusunan Peta Proses Bisnis Instansi Pemerintah.

Sedangkan pembuatan SOP sendiri bertujuan untuk memberikan pedoman bagi instansi dalam mengidentifikasi, merumuskan, menyusun, mengembangkan, memonitor, dan mengevaluasi sesuai dengan tugas dan fungsi organisasi, sejalan dengan amanat Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 35 Tahun 2012 Tentang Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintahan.

BACA JUGA:  Mau Bayar UWT di BLINK? Ini Syarat-syaratnya

“Mengingat adanya perubahan Struktur Organisasi dan Tata Kelola (SOTK), agar tidak terjadi tumpang tindih kewenangan yang dimiliki satu unit kerja dengan yang lainnya, serta untuk kejelasan, kemudahan, efisiensi dan efektivitas, maka Bimtek pada hari ini sangatlah penting bagi BP Batam,” ujar Lilik di depan 68 peserta yang terdiri dari pejabat struktural tingkat 3 dan 4, dan para pengelola SDM di 22 unit kerja di lingkungan BP Batam mengikuti Bimbingan Teknis dan Pendampingan Penyusunan Proses Bisnis dan Standar Operasional Prosedur (SOP) Administrasi Pemerintah.

BACA JUGA:  Pengadilan Tolak Gugatan SUTT, PLN Batam Lega

Kegiatan yang digelar di Conference Room IT Center BP Batam, Batam Centre, Selasa, 26 Januari 2021 itu tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.

Adapun kegiatan ini menghadirkan Analisis Kebijakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Juan Handy dan Eko Prihandoko.

BACA JUGA:  BP Batam Siapkan Asrama Haji untuk IGD Pasien Covid-19

Kedua narasumber tersebut menyampaikan implementasi kebijakan, penyusunan peta proses bisnis, penyusunan SOP-AP, monitoring dan evaluasi SOP, yang disampaikan secara virtual.(maq)

BAGIKAN