Capaian PBB-P2 di Batam Sampai 99 Persen Lebih

899

Batam, edisiana.com – Masyarakat Batam sudah memberikan sumbangsih yang tinggi melalui taat membayar Pajak Bumi Bangunan Perkotaan dan Pedesaan (PBB-P2). Buktinya tahun ini pencapaian PBB-P2 hingga 99 persen.

Sebagaimana diketahui pada sistem informasi penerimaan daerah melalui laman siependa.batam.go.id. Yang mana realisasi pendapatan PBB-P2 sudah mencapai Rp164,3 miliar atau 99,28 persen dari target sebesar Rp165,5 miliar.

Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah ( BP2RD) Kota Batam, Raja Azmansyah mengatakan pencapaian itu karena pihaknya telah menggeluarkan banyak kemudahan untuk masyarakat atau wajib pajak. Hal itu dilakukan tentunya untuk meringankan beban masyarakat.

BACA JUGA:  Kemendag Dorong Pasar Induk Batam Sebagai Pusat Perdagangan dan Rekreasi

Menurutnya, pihaknya juga telah melakukan kerjasama dengan banyak pihak untuk memudahkan pembayaran PBB-P2. Di antaranya dengan Alfamart, Indomaret, Perbankan dan sejumlah e-commerce. “Artinya kita ingin masyarakat semakin mudah untuk melakukan pembayaran,” katanya seperti dilansir mediacenter.batam.go.id pada Selasa, 22 Desember 2020.

Tahun ini BP2RD Kota Batam juga memberikan dorprize kepada masyarakat yang taat membayar pajak. Diundi secara acak di 12 kecamatan yang ada di Kota Batam baik mainland ataupun hinterland.

BACA JUGA:  Ketua Desk Pilkada Ajak Warga Batam Taati Protkes Saat Coblosan


“Pertama Nongsa sudah kita lakukan sebelum pandemi. Karena Covid-19 kecamatan lainnya kita lakukan pengundian secara virtual hari ini. Minus Galang dan Bulang, ada kendala teknis sehingga akan kita lakukan secara konvensional,” kata Azmansyah.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad menyampaikan ucapan terimaksih kepada masyarakat Batam yang telah taat membayar pajak.

“Karena di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini, kesadaran masyarakat Batam untuk membayar PBB-P2 masih tinggi,” kata Amsakar.

BACA JUGA:  Setor Pajak Terbesar, BP Batam Raih Penghargaan

Salah satu sumber utama untuk membangun Kota Batam adalah bersumber dari pajak dan retribusi masyarakat. Karena itu pihaknya memberikan apresiasi yang tinggi kepada masyarakat Kota Batam.

Amsakar yakin dengan tingkat kesadaran masyarakat yang tinggi ini, pembangunan Batam akan semakin maju ke depannya. Sebagaimana yang telah direncanakan Pemko Batam selama ini.“Masyarakat taat pajak akan membuat Batam semakin hebat ke depannya,” katanya.(maq)

BAGIKAN