Panama Jajaki Kerjasama Maritim ke Batam

230
Wakil Kepala BP Batam Purwiyanto menyerahkan cinderamata kepada Manuel Antonio Saturno Escala. foto: Humas

Batam, edisiana.comDuta Besar (Dubes) Panama untuk Indonesia, H.E. Manuel Antonio Saturno Escala langsung datang ke Batam untuk melihat potensi kawasan Batam dan berbagai kemungkinan kerja sama ekonomi yang dapat dilakukan.

Kedubes Panama itu diterima oleh Wakil Kepala BP Batam, Purwiyanto di Ruang Rapat Wakil Kepala BP Batam pada hari Selasa kemarin. 

“Kami datang ke Batam untuk melihat berbagai potensi kerja sama ekonomi terutama di bidang maritim untuk memperkuat hubungan antara Panama dengan Indonesia,” ungkap Manuel seperti dalam keterang tertulisnya. 

BACA JUGA:  Pegawai BP Batam Salurkan Zakat Profesi Lewat Baznas

“Saat ini sangat banyak kapal dengan bendera Panama yang melintas di perairan Indonesia (Selat Malaka) dan berdasarkan hal tersebut kami ingin kerja sama antara kedua negara dapat ditingkatkan sehingga berbagai potensi peningkatan ekonomi dapat terwujud, ” imbuh Manuel.

Manuel berharap kapal-kapal dengan bendara Panama tersebut dapat didaftarkan melalui perwakilan perusahaan perkapalan Panama di Jakarta tanpa perlu melalui negara lainnya.

BACA JUGA:  Setor Pajak Terbesar, BP Batam Raih Penghargaan

Disamping itu, Manuel turut berharap agar Indonesia khususnya Batam melalui BP Batam dapat mewujudkan kerja sama bilateral tersebut dengan penandatanganan MoU di kemudian hari .

“Kami berharap setelah pertemuan ini, berbagai potensi kerja sama yang sekiranya bisa diwujudkan agar dapat dituangkan dalam MoU,” pinta Manuel.

Wakil Kepala BP Batam, Purwiyanto menyampaikan bahwa Batam saat ini harus belajar banyak dari pengalaman maritim yang dimiliki Panama.

“Dengan pengalaman maritim yang dimiliki oleh Panama, kita akan terus belajar dan saling bertukar informasi untuk mewujudkan kerja sama agar peningkatan investasi di Batam dapat tercapai,” ujar Purwiyanto.

BACA JUGA:  Inilah Tujuh Zona Pengembangan Pulau Rempang

Pria yang pernah menjabat sebagai Direktur Penyusunan APBN di Kementerian Keuangan ini turut mengatakan bahwa pertemuan ini akan ia laporkan kepada Kepala BP Batam, Muhammad Rudi agar berbagai potensi kerja sama hingga rencana penandatanganan MoU antara BP Batam dengan Pemerintah Panama dapat diwujudkan.(maq)

BAGIKAN