Jersey Messi yang Dipakai di Ajang Piala Dunia Qatar Bakal Dilelang

215
Jersey yang dikenakan di Piala Dunia di Qatar segera dilelang dan uang disumbangkan untuk amal. Foto: Daylimail

edisiana.com – Jersey yang dikenakan Lionel Messi pada Piala Dunia dì Qatar akan dilelang. Penjualan kaos ini diharapkan memecah rekor dan mencapai lebih delapan juta poundstering.

Saat itu Argentina berhasil mengalahkan Prancis dan mengangkat trofi. Dan saat itu ada enam kaos yang digunakan Messi. Yang semuanya dilelang sebagai satu set oleh Sotheby’s di New York.

Dan sebagian dari hasilnya akan disumbangkan untuk amal. Kaos tersebut berasal dari babak pertama final, semifinal melawan Kroasia, perempat final melawan Belanda.

Lalu pertandingan babak 16 besar melawan Australia, dan dua dari tiga pertandingan penyisihan grup, dengan perkiraan harga di setidaknya $10 juta (£8 juta).

Pelelangan ini akan menjadikannya rekor koleksi memorabilia olahraga. Saat ini item memorabilia olahraga adalah jersey Chicago Bull milik Michael Jordan dì final NBA 1998.

Yang terjual seharga £8,1 juta pada bulan September tahun lalu di Sotheby’s New York. Sebagai perbandingan, memorabilia musik termahal adalah gitar Kurt Cobain yang ia gunakan saat tampil di MTV Unplugged pada tahun 1993, lima bulan sebelum ia meninggal. Harga dijual seharga £4,2 juta pada tahun 2020.

“Piala Dunia FIFA 2022 berdiri sebagai salah satu acara terbesar dalam sejarah olahraga, secara intrinsik terkait dengan perjalanan gagah berani Messi dan mengukuhkan statusnya sebagai pemain terhebat sepanjang masa,” kata Brahm Wachter, kepala koleksi modern Sotheby seperti dilansir Daylimail pada Selasa ini.

“Penjualan enam kaus ini merupakan sebuah peristiwa monumental dalam sejarah lelang, yang menawarkan kepada para penggemar dan kolektor sebuah kaitan dengan pencapaian puncak Messi,” tambahnya.

Rekor saat ini untuk salah satu jersey Messi, £360,000, berasal dari El Clásico 2017 antara Real Madrid dan Barcelona. Yang mana ia mencetak gol penentu kemenangan pada masa tambahan waktu di Bernabeu.

Sementara itu jersey Tangan Tuhan Diego Maradona dari perempat final Piala Dunia 1986, sebuah rekor untuk kaos sepak bola dengan nilai 7,1 juta poundstering.

Jersey tersebut dijual tahun lalu di Sotheby’s di London oleh mantan gelandang Inggris Steve Hodge, yang meminta jersey tersebut kepada Maradona di terowongan setelah pertandingan di Mexico City.(maq)

BACA JUGA:  70 Persen Fans Senegal Minta Mane Angkat Kaki dari Anfield
BAGIKAN