Belasan Pegawai Kementerian Perhubungan Ikut Ujian Kompetensi

585
Pembukaan ujian kompetensi pegawai Kementerian Perhubungan. Foto : Humas BP Batam

Batam, edisiana.com Kepala Biro Sumber Daya Manusia dan Organisasi (SDMO) BP Batam, Lilik Lujayanti membuka pelaksanaan ujian kompetensi pegawai.

Ujian ini diikuti oleh 11 pegawai Kementerian Perhubungan yang ditugaskan di Badan Pengusahaan (BP) Batam yang dimulai pada 19 hingga 22 April 2021 di IT Centre BP Batam.

Lilik Lujayanti, dalam sambutannya, menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan yang telah memberikan kesempatan kepada BP Batam untuk menyelenggarakan Ujian Dinas Tingkat I bagi PNS Kementerian Perhubungan yang ditugaskan di BP Batam.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Perhubungan yang telah memberikan kesempatan kepada BP Batam untuk melaksanakan Ujian Dinas Tingkat I bagi PNS Kemenhub yang ditugaskan di BP Batam,” kata Lilik dalam siaran persnya.

Tentunya, Lilik menambahkan, dengan situasi pandemi seperti sekarang ini pelaksanaan kegiatan tetap memperhatikan dan mematuhi protokol kesehatan.

BACA JUGA:  Wujudkan Green City, Batam Berencana Buat Monorel

“Kami berharap, semoga sebelas pegawai yang ditugaskan di BP Batam dapat mengikuti ujian ini dengan baik dengan hasil yang memuaskan guna jenjang karir pegawai yang bersangkutan,” kata Lilik.

Sebelum pelaksanaan ujian dinas, 11 ASN ini diwajibkan mengikuti pembekalan sejak 19 hingga 21 April 2021 agar para peserta memahami materi yang diujikan dan tata cara pelaksanaan ujian dinas, sekaligus meningkatkan kompetensi.

Plt. Kepala Bagian Pengembangan Kompetensi Pegawai Biro Kepegawaian dan Organisasi Kementerian Perhubungan, Ryeska Fajar Kusuma, mengatakan, tujuan diselenggarakannya Pembekalan dan Pelaksanaan Ujian Dinas Tingkat I ASN Perhubungan di lingkungan BP Batam tahun 2021 adalah untuk meningkatkan kompetensi dan disiplin pegawai Kementerian Perhubungan yang diperbantukan di BP Batam.

BACA JUGA:  Puncak Arus Mudik Nataru pada 23 Desember

“Adapun materi pembekalan yang disampaikan terdiri dari wawasan kebangsaan, pengaturan kepegawaian, etika dan budaya kerja, administrasi perkantoran dan pengetahuan substantif sesuai dengan bidang tugas pokok masing-masing peserta,” ujar Ryeska Fajar Kusuma.

Ujian Dinas akan dilaksanakan pada 22 April 2021 secara online menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) dan untuk seluruh peserta harus mencapai nilai passing grade minimal 70 untuk masing-masing materi ujiannya.

“Harapan kami dengan penyelenggaraan Ujian Dinas Tingkat I ini tentu rekan-rekan yang bertugas di BP Batam dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik, dan mudah-mudahan sebagai pemicu rekan-rekan untuk berkontribusi di manapun mereka ditugaskan,” ujar Ryeska Fajar Kusuma.

Ia menambahkan, ujian dinas bukan sekedar tahapan yang harus dilalui untuk mencapai golongan 3A, tetapi merupakan pembuka jalan untuk karir selanjutnya meskipun usia, pendidikan, dan sebagainya menjadi pertimbangan.

BACA JUGA:  Dongkrak Kunjungan Pariwisata Lewat Ajang Pameran Kepri Batikan

“Tetapi pertimbangan itu tetap bisa ditingkatkan dan harapan saya teman-teman tidak hanya melihat ujian ini sebagai hasil akhir, tetapi ini proses, mudah-mudahan semuanya bisa melalui ini dengan baik,” tutup Ryeska Fajar Kusuma.

Dasar pelaksanaan kegiatan Pembekalan dan Pelaksanaan Ujian Dinas Tk. I di lingkungan BP Batam Tahun 2021 ialah Undang-Undang No. 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), PP No. 4 tahun 2014 tentang Kenaikan Pangkat PNS, Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 31 tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Ujian Dinas Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Perhubungan.

Narasumber yang akan memberikan materi pembekalan terdiri dari pejabat struktural di lingkungan BP Batam dan Kementerian Perhubungan RI.(maq)

BAGIKAN