Martinez Sudah Punya Firasat Selamatkan Penalti

327
Emiliano Martinez. Foto: BBC

Bola, edisiana.comPeraihan kemenangan Argentina di Piala Dunia tidak bisa dilepaskan dari kiper Emiliano Martinez. Pemain Aston Villa tampil brilian selama dì Qatar. 

Dia dapat membaca bola yang ditendang oleh eksekutor Prancis. Mbappe termasuk kendati masuk. Lalu tendangan Prancis yang lain. 

“Emi Martinez adalah orang yang sangat positif dan mengatakan kepada rekan satu timnya bahwa dia akan menyelamatkan beberapa penalti,” kata bos Argentina Lionel Scaloni seperti dilansir BBC pada Senin ini. 

Dalam pertandingan Martinez memainkan peran besar dalam kemenangan.”Tidak diragukan lagi dia memiliki dampak besar secara mental dalam adu penalti,” kata mantan gelandang Inggris Jermaine Jenas.

BACA JUGA:  Busyet! Rashford Tolak Tawaran Gaji £400.000 dari PSG

Mantan striker Inggris Alan Shearer menambahkan Martinez berupaya mengatur permainan dari lini belakang. Yakni untuk menghentikan, menendang bola, dan berbicara dengan para pemain. 

“Bahkan gerakannya di belakang garis, dia bergerak, mencoba menarik perhatian orang yang memukul bola,” timpal Rio Ferdinand. 

Selama Piala Dunia dì Qatar, Emiliano Martinez membantu Argentina menjaga clean sheet melawan Meksiko, Polandia dan Kroasia di Piala Dunia. 

BACA JUGA:  Target Pochettino: Chelsea Harus Menang Lawan Crystal Palace

Bahkan tidak sampai ke adu penalti jika bukan karena penyelamatan brilian Martinez di detik-detik terakhir perpanjangan waktu melawan Prancis. 

Bek Liverpool Ibrahima Konate mengumpan bola ke depan dan Muani melaju, namun digagalkan oleh Martinez yang bergegas keluar untuk menutup celah sebelum melebarkan dirinya untuk memblokir penyelesaian.

Itu adalah salah satu dari sejumlah penyelamatan besar yang dilakukan Martinez di Qatar. Yang membuatnya mendapatkan penghargaan Sarung Tangan Emas turnamen untuk clean sheet terbanyak dengan tiga.

BACA JUGA:  PSV Beri Waktu Arsenal Sampai Akhir Agustus

Dia tentu saja memiliki pengaruh besar dalam waktu singkatnya bersama tim nasional. Sejak melakukan debutnya tahun lalu dia telah membantu Argentina memenangkan Copa America dan sekarang Piala Dunia.

Martinez menghabiskan delapan tahun di Arsenal, dipinjamkan enam kali dan hanya bermain 11 pertandingan Liga Premier untuk The Gunners, sebelum bergabung dengan Villa dua tahun lalu. 

“Saya tidak bisa berkata-kata. Saya tenang selama adu penalti dan semuanya berjalan seperti yang kami inginkan,” kata Martinez.(maq)

BAGIKAN