Ditunggu Sambil Minum Kopi, Ngurus Izin Selesai

736
Pelabuhan Batu Ampar, tempat bongkar muat petikemas. Foto: Humas

Batam, edisiana.com Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu, BP Batam, Harlas Buana, mengatakan proses persiapan sistem online untuk pengurusan izin telah sampai pada tahap finalisasi. Dan diharapkan dapat mulai dimanfaatkan pelaku usaha pada akhir September 2021.

“Sejak saat itu (pengesahan PP 41 tahun 2021) kita siapkan semua sistem aplikasinya dengan matang. Nanti semua akan terintegrasi under IBOSS. Approve di mana saja, kapan saja, maka semua akan semakin mudah dan cepat,” ungkap Harlas.

Ia juga menjelaskan, selama proses peralihan perizinan kepelabuhanan dari tanggal 14 Agustus 2021 (pelimpahan dari KSOP) hingga nanti 27 September 2021 (IBOSS siap digunakan penuh), sambil menunggu sistem digitalisasi ini berjalan dengan matang, BP Batam tetap melakukan pelayanan perizinan kepelabuhanan secara manual.

BACA JUGA:  Investasi Asing di Riau Naik, Singapura Paling Besar

“Jangan sampai ada kekosongan pelayanan ke masyarakat, kita tidak mau investasi atau kegiatan berusaha terhambat, sehingga kita laksanakan secara manual, namun tetap memprioritaskan pelayanan yang excellent,” tambah Harlas menjelaskan.

Tercatat, terdapat 13 jenis perizinan sektor transportasi bidang kepelabuhanan yang dilayani di PTSP BP Batam. Data perizinan sampai dengan 17 September 2021 pukul 16.47 WIB, tercatat terdapat 1.387 dokumen selesai dari 1. 397 yang masuk.

BACA JUGA:  Ro-Ro Batam-Johor Buka Peluang Ekonomi Lebih Besar

Lebih lanjut ia katakan, bahwa pelaku usaha justru memberikan apresiasi kepada BP Batam, meskipun selama masa transisi ini dilakukan secara manual. Mereka tetap merasakan kepuasan karena dokumen dapat selesai jauh lebih cepat daripada biasanya.

“Bahkan yang biasa selesai sampai dua hari, ini jadi dua atau satu jam selesai, ditunggu di MPP sambil minum kopi selesai, dan ternyata banyak. 1300-an lebih dokumen dalam sebulan, mereka selesai semua, tentu dengan persyaratan yang lengkap.” Imbuhnya.

BACA JUGA:  BP Batam Rencanakan Air Laut Jadi Air Baku

Kedepan BP Batam akan terus berkomitmen memberikan pelayanan prima dan excellent kepada pelaku usaha, salah satunya dengan aplikasi digital untuk memproses perizinan bidang kepelabuhanan yang terintegrasi di IBOSS .

Sistem online Indonesia Batam Online Single Submission, rencananya akan mulai dapat disosialisasikan kepada pelaku usaha pada tanggal 27 September 2021. (maq)

BAGIKAN