Yamal, Pemain Termuda di Euro

61
Lamine Yamal memiliki dua fokus. Pertandingan Euro dan belajar online. Foto: via Daylimail

edisiana.com – Pemain Spanyol,  Lamine Yamal menjadi pemain termuda yang tampil di Kejuaraan Eropa saat menang melawan Kroasia di Berlin.

Yamal baru usia 16 tahun 338 hari. Dia lebih muda dari gelandang  Polandia Kacper Kozłowski yang berusia 17 tahun 246 hari ketika ia masuk sebagai pemain cadangan di Euro 2020.

Dan menjadi kedua kalinya rekor tersebut di turnamen ini. Yang mana pemain Inggris Jude Bellingham sebelumnya melampaui rekor yang dibuat oleh bek kiri Belanda Jetro Willems di Euro 2012.

BACA JUGA:  Selangkah Lagi, Chris Kirchner Miliki Derby County

“Dia terus memecahkan rekor. Dia tumbuh, menjadi dewasa, dan menjadi lebih baik setiap hari,” kata pelatih Spanyol Luis de la Fuente dinukil dari ESPN pada Ahad ini.

“Yamal sedang dalam jalur untuk menjadi pemain hebat, tapi dia masih sangat muda dan kami harus bersabar dengannya,” tambahnya.

Yamal menjadi pencipta gol ketiga Spanyol dalam kemenangan 3-0 atas Kroasia. Dia memberikan umpan silang yang sangat bagus untuk Dani Carvajal saat juara tiga kali itu memulai turnamen mereka dengan awal terbaik.

BACA JUGA:  Noble Pensiun Setelah 18 Tahun Mengabdi di West Ham United

“Saya sangat senang atas kemenangan ini, untuk debut dan sekarang kami mengubah fokus ke pertandingan berikutnya,” kata Yamal usai pertandingan.

“Pada akhirnya, tim ingin bermain di dalam dan saya di sini untuk membantu tim, bertahan, apa pun yang diperlukan,” ucapnya menjelaskan.

Meskipun Yamal menjadi pemain termuda dalam sejarah Euro, gol Carvajal menjadikannya pencetak gol tertua Spanyol di turnamen tersebut pada usia 32 tahun.

BACA JUGA:  City Buang Bournemouth ke Degradasi

Kapten Álvaro Morata dan Fabián Ruiz juga mencetak gol saat Spanyol melaju di babak pertama. Tapi frustrasi di babak kedua yang sebagian besar berjalan lancar.

Ini adalah yang terbaru dari serangkaian rekor terkait usia yang dipecahkan oleh Yamal dan lebih banyak lagi yang bisa menyusul di Euro 2024 di Jerman.(maq)

BAGIKAN