Mantap! Batam Beri Sumbangsih Besar kepada Kegiatan Ekspor di Kepri

196
Kepala BP Batam, Muhammad Rudi. Foto: Humas

edisiana.com – Kota Batam memberikan sumbangsih besar terhadap kegiatan ekspor di Provinsi Kepri. Dalam triwulan pertama mencapai 78 persen dengan total ekspor Provinsi Kepri sebesar USD 5.105,95 juta.

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, mengatakan, hal itu tak terlepas dari upaya dan rencana strategis BP Batam dalam memodernisasi fasilitas pelabuhan demi memperlancar perdagangan ke luar negeri.

“BP Batam berkomitmen untuk terus melakukan pengembangan dan peningkatan infrastruktur. Khususnya modernisasi pelabuhan. Hal ini agar kegiatan ekspor bisa berjalan maksimal,” ujar Rudi seperti dalam rilisnya.

Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam mencatat, nilai ekspor Kota Batam pada bulan Maret 2023 terbesar datang dari Pelabuhan Batu Ampar dengan capaian USD 858,44 juta.

Kemudian, Pelabuhan Sekupang dengan nilai USD 223,55 juta dan Pelabuhan Kabil/Panau dengan nilai Rp USD 81,52 juta.

Ada pula sumbangsih dari Pelabuhan Belakang Padang dengan capaian USD 59,38 juta dan Batam Island sebesar USD 6,01 juta.

Kontribusi kelima pelabuhan tersebut sebesar 98,91 persen dari total ekspor Kota Batam secara keseluruhan pada bulan Maret 2023 lalu.

Sedangkan negara yang menjadi tujuan ekspor Kota Batam didominasi oleh Singapura (USD 1.443,01 juta), Amerika Serikat (USD 1.028,94 juta), China (USD 286,08 juta), Jepang (USD 113,37 juta), dan India (USD 95,41 juta).

Rudi optimistis, nilai ekspor Kota Batam bakal terus meningkat seiring pembangunan dan peningkatan Pelabuhan Batu Ampar yang sedang berlangsung.

Dia berharap, pelabuhan tersebut dapat menjadi pelabuhan bongkar muat modern ke depannya.

“Pembangunan yang sedang dikerjakan adalah untuk kepentingan umum. Saya optimis, pertumbuhan ekonomi daerah akan meningkat seiring kemajuan Kota Batam,” terang dia. (maq)

BACA JUGA:  Gubernur Minta Cabut Kuota Pembatasan Warga Singapura ke Kepri
BAGIKAN