Guardiola dan Enrique Bentuk Messi Jadi Bintang

230
Messi dan koleksi Ballon d’Or.

Bola, edisiana.comLionel Messi mengatakan ada dua pelatih yang terkesan dan membimbingnya berkembang dan menjadi bintang bola. Pertama Pep Guardiola dan kedua Luis Enrique. 

Messi bermain di bawah Guardiola selama salah satu periode paling sukses dalam sejarah Barcelona, antara 2008 dan 2012.

“Guardiola banyak merugikan sepak bola karena dia membuatnya terlihat sangat mudah dan sederhana.Sehingga semua orang ingin meniru dia,” kata Messi sambil tersenyum seperti dikutip dari ESPN pada hari ini. 

BACA JUGA:  Falcao Buyarkan Kemenangan Atletico

Buktinya, tambah Messi, dia menemukan banyak ‘Guardiola’ di luar Barcelona. 

Selama tahun-tahun di Barcelona, Guardiola memenangkan 14 gelar, termasuk treble di musim pertamanya, dan mengakhiri 2009 dengan memecahkan rekor enam trofi.

Guardiola meninggalkan Barca pada 2012. Dia kemudian melatih Bayern Munich selama tiga musim sebelum memimpin Manchester City pada 2016.

BACA JUGA:  Sepanjang Karir, Hodgson Latih 22 Klub Termasuk Liverpool

Gaya permainannya berkisar pada penguasaan bola dan memberikan tekanan tinggi terhadap semua lawan-lawannya. 

Messi  pun mengakui kalau pelatih asal Spanyol itu adalah pelatih terbaik yang pernah dia miliki. 

“Tanpa diragukan lagi. Dia memiliki sesuatu yang istimewa, terutama bagaimana dia menonton dan dipersiapkan untuk pertandingan dan bagaimana dia berkomunikasi, karena bagaimana dia mengirimkannya kepada pemain,” jelas pemain Paris Saint-Germain. 

BACA JUGA:  Graham Potter Dipermalukan Mantan Klubnya

Kapten Argentina itu menegaskan Guardiola dan Luis Enrique sebagai manajer membantunya untuk berkembang pesat dalam sepak bola dan dalam kebijaksanaan taktis yang mereka ajarkan kepada dirinya.(maq)

BAGIKAN