Pep Guardiola Dinobatkan sebagai Pelatih Terbaik FIFA 2023

586
Pep Guardiola. Foto : Manchester City

edisiana.com – Pep Guardiola terpilih sebagai pelatih terbaik FIFA tahun 2023 pada Kamis malam. Manajer Manchester City itu menyisihkan dua kandidat lain, Carlo Ancelotti dan Lionel Scaloni. 

Menurut laporan Metro Sports, pada hari ini, sejak Guardiola memegang The Citizens meraih gelar Liga Premier empat kali dalam lima tahun. 

Dengan prestasi itu Pep menyingkirkan kandidat kuat lainnya. Yakni pelatih Argentina Lionel Scaloni dan Carlo Ancelotti meraih gelar ganda Liga Champions dan LaLiga. 

BACA JUGA:  Hargreaves Marah, Tapi Bela De Gea

Sebelumnya Pep juga dinobatkan sebagai pelatih pria terbaik FIFA pada tahun 2011. Saat itu dia memenangkan gelar Liga Champions keduanya bersama Barcelona. 

Sementara untuk pelatih wanita, Wiegman yang baru saja membawa timnas Inggris juara Eropa juga terpilih sebagai pelatih terbaik FIFA. 

Dia mengalahkan Mantan pelatih AS Pia Sundhage, setelah pelatih asal Swedia itu memimpin Brasil ke Copa America Femenina, dan bos juara Liga Prancis dan Liga Champions wanita Lyon, Sonia Bompaster. 

BACA JUGA:  50 Dosa Judi Menjerat Gelandang Newcastle

Pada hari Kamis kemarin, FIFA juga mengumumkan daftar untuk penghargaan penjaga gawang pria dan wanita.

Pemenang wanita tahun lalu, Christiane Endler kembali menjadi nominasi setelah musim debut yang bagus bersama Lyon. 

Endler bergabung dengan Mary Earos, kiper Inggris.  Lalu ada Ann Katrin Berger dari Jerman. 

BACA JUGA:  Striker Aston Villa Bermimpi Bisa Bela Timnas Inggris

Untuk kiper putra yakni Thibout Courtois dari Real Madrid.  Lalu Emiliano Martinez dan Yassine Bounou yang tampil gemilang di Piala Dunia Qatar. 

Penghargaan untuk kiper ini akan diputuskan melalui pemungutan suara dari pelatih dan kapten tim nasional serta jurnalis. Dan diumumkan dalam upacara di Paris pada 27 Februari.(maq)

BAGIKAN