Hasil Temuan: Jalan Cepat 10 Menit Tiap Hari Bisa Mencegah Kematian Dini

230
Jalan cepat setiap hari selama 10 menit bisa mendatangkan besar bagi kita. Foto: MetroSports

edisiana.com – Hasil penelitian baru dari Universitas Cambridge mengatakan satu dari 10 kematian dini dapat dicegah dengan olahraga jalan cepat.

Profesor James Woodcock dari Unit Epidemiologi MRC menjelaskan aktivitas fisik, seperti berjalan kaki atau bersepeda, baik untuk Anda, terutama jika ingin meningkatkan detak jantung.

“Tapi apa yang kami temukan adalah ada manfaat besar untuk kesehatan jantung dan mengurangi risiko kanker bahkan jika Anda hanya dapat melakukannya 10 menit setiap hari,” jelasnya seperti dilansir Metro Inggris baru-baru ini.

Tak perlu dikatakan bahwa melakukan 150 menit yang disarankan per minggu lebih bermanfaat daripada hanya 75 menit.

Sekitar satu dari enam kematian dini dapat dicegah dengan olahraga selama dua jam lebih, sementara 11 persen kasus penyakit kardiovaskular dan 5 persen kasus kanker dapat dihindari.

Sementara temuan di Inggris memberi tahu orang-orang untuk melakukan setidaknya 150 menit setiap minggu, hanya jalan cepat 11 menit setiap hari sudah cukup untuk menyelamatkan dari beberapa komplikasi kesehatan yang serius.

Risiko penyakit seperti penyakit jantung, stroke – yang bertanggung jawab atas 17,9 juta kematian per tahun pada tahun 2019.

Dan berbagai kanker semuanya dikurangi dengan jalan kaki singkat yang sederhana ini.

Bahkan bukan seperempat jam dari hari Anda dibandingkan dengan tahun-tahun yang ditambahkan dalam hidup Anda.

Perubahan gaya hidup yang mudah ini juga dicatat dalam penelitian sebelumnya di bulan Januari lalu.

Dengan mengumpulkan studi dengan total lebih dari 30 juta peserta, penelitian Cambridge terbaru menemukan bahwa hanya 75 menit olahraga seminggu dapat mengurangi risiko kanker sebesar 7 persen.

Itu juga cukup untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular hingga 17 persen.

Untuk kanker tertentu, penurunan risikonya bahkan lebih besar. Kanker kepala dan leher, leukemia myeloid, myeloma, dan kardia lambung memiliki risiko antara 14-26 persen lebih rendah.

Kanker paru-paru, hati, endometrium, usus besar, dan payudara juga memiliki risiko 3-11 persen lebih rendah.(maq)

BACA JUGA:  Tahukah Anda Pengemudi yang Flu Bisa Kena Denda?
BAGIKAN