Graham Potter Jadi Pelatih Chelsea, Tebusannya £16 Juta

237
Graham Potter.Foto Getty Images

Bola, edisiana.comGraham Potter  menjadi manajer baru Chelsea setelah menyetujui kesepakatan. Pelatih berusia 47 tahun itu akan melakukan perpisahan dengan Brighton sebelum laga Fulham versus Chelsea. 

Potter telah mengadakan pembicaraan panjang dengan pemilik bersama Chelsea Todd Boehly dan Behdad Eghbali pada Rabu malam waktu setempat. 

Dalam pertemuan itu, sumber ESPN bahwa Potter secara lisan setuju untuk menggantikan Thomas Tuchel yang sudah dipecat. 

Potter dijadwalkan mengadakan konferensi pers pra-pertandingan mingguannya di Brighton pada hari Kamis ini, tetapi dibatalkan. 

BACA JUGA:  Swansong Gundogan City

Sebagai gantinya, dia akan mengucapkan selamat tinggal terakhirnya kepada para pemain dan staf sebelum melakukan perjalanan ke London untuk menandatangani kontrak jangka panjang.

Kecuali komplikasi menit terakhir, Potter menggantikan Thomas Tuchel sebagai pelatih kepala klub. Dia akan memimpin untuk perjalanan Liga Premier Sabtu ke Fulham. 

Meski detailnya belum final, Potter diperkirakan akan membawa beberapa anggota staf termasuk asistennya Billy Reid.

Chelsea telah menyusun daftar pendek yang mencakup Mauricio Pochettino dan Zinedine Zidane, tetapi Potter adalah pilihan pertama klub. 

BACA JUGA:  Lima Striker Target Chelsea pada Januari 2024

Sumber mengatakan Zidane tidak tertarik untuk mengelola di Inggris dan malah menunggu kesempatan untuk mengambil pekerjaan Prancis .

Chelsea harus membayar Brighton sekitar £16 juta sebagai kompensasi untuk menunjuk Potter di pantai selatan sejak mengambil alih pada 2019.

Brighton menyelesaikan musim lalu di tempat kesembilan dengan 51 poin. Merupakan poin tertinggi mereka di Liga Premier dan berada di tempat keempat musim ini, di atas Chelsea. Usai memenangkan empat dari enam pertandingan pembukaan mereka.

BACA JUGA:  Sudah Tidak Apik Lagi, Ronaldo Disarankan Pensiun

Tuchel dipecat oleh pemilik baru Chelsea hanya tiga bulan setelah menyelesaikan pengambilalihan mereka menyusul pertandingan ke-100. The Blues mengalami kekalahan 1-0 di Liga Champions di Dinamo Zagreb. 

Sumber menjelaskan bahwa Chelsea juga berniat menunjuk direktur olahraga untuk mengawasi kebijakan transfer klub. Boehly meningkatkan peran sementara setelah kepergian pemimpin negosiator dan direktur Marina Granovskaia dan penasihat teknis dan kinerja Petr Cech.(maq)

BAGIKAN