Neymar Tergila-gila dengan Barcelona

468
Neymar Junior. Foto : Getty Images

Bola, edisiana.com – Presiden Barcelona Joan Laporta mengakui kalau Neymar tergila-gila untuk datang kembali ke klubnya. Tapi karena financial fair play akhirnya batal ke Camp Nou.

Menurut Laporta, Neymar sempat menghubungi manajemen Barcelona. Dan ingin bergabung Barca sebelum meneken kontrak baru di Paris Saint-Germain (PSG).

Namun presiden Camp Nou memiliki pemahaman yang berbeda tentang  aturan fair play LaLiga yang menyebabkan menutup jendela transfer di klubnya.

Akibatnya, Neymar menandatangani kontrak baru dengan Paris Saint-Germain. Sementara Lionel Messi  pun telah meninggalkan Barca. Karena, tidak mampu untuk mendaftarkan kontraknya ke La Liga.

BACA JUGA:  Nantes Bantai PSG Sampai 3-1

“Kami mencoba untuk mengontrak Neymar,” kata Laporta kepada TV3 pada hari Senin, 6 September 2021.

Pada saat itu, tambahnya, pada bulan Maret, dan suatu penandatanganan yang menarik jika Neymar bergabung. “Dia (Neymar) menghubungi. Dia tergila-gila untuk datang,” ucap Laporta.

“Tapi kami menafsirkan fair play dengan cara lain pada saat itu. Jika kami tahu semua aturan di LaLiga, kami tidak akan membuat tawaran itu,” imbuhnya.

Pada bulan itu Laporta baru saja menggantikan Josep Maria Bartomeu sebagai presiden. Bartomeu mewarisi utang mencapai €1,35 miliar.

BACA JUGA:  City Minta Silva Dibarter dengan Warren Zaire Emery

Sementara upah Barca di atas 110 persen dari pendapatan mereka sebelum Messi pindah ke PSG. Bahkan setelah keluarnya Messi dan Antoine Griezmann tetap pada 80 persen.

Dan kata Laporta,  peraturan LaLiga memaksa klub untuk mempertahankan angka gaji di sekitar 70 persen. Sedangkan PSG tidak dibatasi oleh aturan seperti itu di Prancis.

Makanya PSG berani menambahkan Messi ke skuad yang sudah termasuk Neymar dan Kylian Mbappe, serta Gianluigi Donnarumma, Sergio Ramos , Achraf Hakimi dan Georginio Wijnaldum musim panas ini.

“PSG telah melanggar semua aturan fair play yang ada,” tegas Laporta.

BACA JUGA:  Hotspur Mundur, Ayo Silahkan MU Pinang Eriksen

Laporta juga menjelaskan laporan Barca mencoba menjual Ansu Fati musim panas ini hanyalah bohong belaka.

Sedang soal pemotongan gaji Sergi Roberto dan Samuel Umtiti di antara pemain yang gajinya masih lanjut. Dan untuk gaji Gerard Pique, Jordi Alba,  dan Sergio Busquets telah menyesuaikan kontrak.

Untuk Griezmann sendiri, terang Laporta, pindah ke Atletico Madrid lantaran tidak cocok dengan gaya permainan Barca.

Kepindahan Griezmann ini memiliki opsi. Opsi pertama Griezmann dipinjamkan dengan nilai € 40 juta. Kedua menjadi pemain permanen jika pemain timnas Prancis itu telah bermain minimal 50 persen dalam pertandingan Atletico.(maq)

BAGIKAN