Inggris Vs Senagal: Pemain Bintang Melawan Tarkam

349
Iliman Ndiaye. Foto: Getty

Bola, edisiana.com Inggris yang dipenuhi pemain bintang akan menghadapi Senegal yang diisi pemain kasta ketiga di Inggris, pada Senin dinihari nanti. 

Tim asal Afrika diisi oleh pamain Ismail Sarr dari Watford. Lalu Iliman Ndiaye,  pemain Sheffield United. Sepanjang Piala Dunia ini, keduanya lumayan bagus mengisi posisi yang ditinggalkan Sadio Mane yang mengalami cedera. 

Sarr tiba di Qatar dengan reputasi yang berkembang. Tapi bagi mitra juniornya, perjalanan ke panggung dunia benar-benar tidak terduga.

Ndiaye meninggalkan Boreham Wood non-Liga (tim antar kampung, (Tarkam) tiga tahun lalu.  Dia pun belum pernah bermain untuk tim utama Senagal. 

Debut profesionalnya di Sheffield United baru ini pada tahun 2021, setelah masa pinjaman di Hyde di Liga Utama Utara.

BACA JUGA:  Indra Punya Rekor Bagus Melawan Vietnam

Manajernya di Boreham Wood, Luke Garrard,  mengklasifikasikan Ndiaye sebagai berliannya setelah pertama kali melihatnya di usia 16 tahun. Tapi melihatnya akan menghadapi Inggris masih merupakan kejutan.

“Kami berharap dia akan pergi ke hal-hal yang lebih baik karena kami melihat kemampuannya. Dia membelai bola daripada melakukan segalanya dengan tempo panik,” kata Garrard seperti dilansir Dailymail pada Ahad ini. 

“Tapi untuk bermain di babak sistem gugur Piala Dunia, tidak ada  dalam mimpi saya,” tambahnya. 

Ndiaye masih berusia 22 tahun. Dia lahir di Prancis dan pindah ke Inggris melalui Senegal karena pekerjaan ayahnya. 

BACA JUGA:  Messi dan Haaland Bersaing Rebutkan Penghargaan UEFA

Terlepas dari potensinya, dengan tantangan Boreham Wood untuk masuk ke Football League, tidak ada tempat baginya di tim utama.

“Dia berada di regu tapi saya tidak ingin melemparkan dia ke dalam situasi di mana dia tidak bisa memberikan,” kata Garrard.

Menurutnya, dia ditarik Sheffield United karena melihat bermain untuk perguruan tinggi Inggris. Yang kala itu masih berusia 19 tahun. 

 “Saya menemukan dia sebagai anak yang rendah hati dari latar belakang yang rendah hati tetapi percaya diri dengan kemampuannya. Idealnya, saya ingin Inggris menang tetapi Iliman yang mencetak gol,” jelasnya. 

BACA JUGA:  Indonesia Lolos ke 16 Besar Berkat Gol Penyeimbang Kojo

Selain tipu daya dalam menggocek bola, salah satu kekuatan Ndiaye adalah keserbagunaan. “Dia memulai dari tengah untuk Boreham Wood tetapi melebar ke kanan dalam 4-3-3 di Piala Dunia ini,” ucapnya. 

Ndiaye telah mencetak sembilan gol untuk Blades musim ini dan memberikan assist untuk negaranya dalam kemenangan 3-1 melawan tuan rumah Qatar.

Sebelumnya dia pernah dipinjamkan di Hyde FC pada awal tahun 2020. Tapi setahun kemudian kembali ke Sheffield. 

“Saya melihat dia punya bakat dan mendesak mereka (Sheffield) untuk dipinjamkan. Dia brilian dalam latihan,” ucap Dave McGurk, pelatih Hyde FC.(maq)

BAGIKAN