Leeds Bukan Tim Kaleng-kaleng, City!

759
Marcelo Bielsa. Foto: Getty

Bola, edisiana.com – Leeds United akan kedatangan tamu di Stadion Elland Road. Si tamunya dari kota Manchester. Bukan United tapi adalah City.

Leeds United pendatang baru di liga utama Inggris. Pada tahun 2020. Sebenarnya namanya tak asing untuk klub – Klub lain. Karena namanya sudah pernah moncer belasan tahun sebelumnya. Leeds pernah berada di papan atas di Premier League.

Namun 16 tahun silam terdegradasi. Baru tahun ini dipromosikan ke liga bergengsi di kota Elizabeth itu. Itu pun berkat tangan dingin sang pelatih, Marcelo Bielsa. Marcelo Bielsa yang dijuluki dewa oleh fans Leeds United lantaran mengantar klub Yorkshire itu kembali ke Premier League.

BACA JUGA:  City, Liverpool, Newcastle dan Brentford Menang

Dalam laga perdananya dengan Liverpool merupakan pertandingan pembukaan terpanas di minggu pertama musim ini. Bagaimana tidak, Liverpool sempat kebobolan duluan.

Walau lalu dibalas Mane. Saling balas gol itu pun terjadi. Namun akhirnya The Reds yang meraih kemenangan 4-3. Sementara laga kedua dan ketiga, Leeds meraih poin penuh.

BACA JUGA:  Neymar Ingin Jumpa Messi di Final Copa America

Perolehan itu, setidaknya menjadi peringatan bagi tim lain. Bahwa Leeds bukan tim kaleng-kaleng. Termasuk Pep Guardiola yang nanti malam datang ke markas Leeds.

Bagi Pep Guardiola, Marcelo Bielsa bukanlah orang asing. Bahkan Pep pernah berguru kepada Bielsa. Waktu di Amerika itu Pep belajar melatih dan taktik dengan Bielsa, warga Argentina tersebut.

“Ia mungkin sosok orang yang paling saya kagumi di dunia sepak bola, sebagai pelatih dan sosok manusia,” kata Guardiola, seperti dilansir Daily Star.   

BACA JUGA:  Lampard Ingin Reuni Sama Loftus-Cheek di Goodison Park

“Saya rasa dia adalah manajer paling otentik sepanjang masa, dalam hal bagaimana memimpin timnya,” Pep menambahkan.

Tentu ini jadi ujian berat bagi Sterling dkk. Terutama Pep sendiri. Yang akan melawan gurunya pada Sabtu (3/10 /2020) sekitar pukul 23.30 WIB. Bisakah City memenangkan pertandingan? Kita tunggu strategi apik palatih asal Spanyol tersebut.(maq)

BAGIKAN